Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop
 

preparat_3.jpg

Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop

Jum'at, 18 Oktober 2019

 

Sebelumnya kita sudah membahas Pengenalan tentang preparat mikroskop, dan sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara membuat dan mengamati preparat.

Preparat ada 2 macam yaitu preparat awetan dan preparat basah. Preparat awetan dikerjakan pada waktu melakukan praktikum mikroteknik tumbuhan dan preparat yang dihasilkan dapat disimpan cukup lama.
Preparat basah dilakukan pada waktu praktikum struktur tumbuhan dan preparat yang dihasilkan tidak dapat tersimpan lama. Dilakukan dengan cara pengirisan konvensional, yaitu diiris tipis oleh silet yang baru atau cutter yang tipis dan tajam

 

 

    Cara Mengiris :

  1. Kaca objek yang telah bersih dari lemak ditetesi (1 tetes) reagen ditengah -  tengah kaca objek.
  2. Peganglah bahan preparat tegak lurus dengan badan, apabila bahan sangat tipis dapat dibantu dengan menyelipkan bahan pada empulur batang manihot atau gabus
  3. Letakkan silet/pisau/cutter pada bahan tersebut dengan membentuk sudut < 30 derajat supaya mendapat irisan yang tipis. Arahkan pisau ke arah badan.
  4. Buatlah irisan-irisan 3-4 irisan.
  5. Letakkan irisan-irisan tersebut pada kaca yang telah ditetesi reagen.
  6. Tutuplah dengan kaca penutup yang telah dibersihkan dengan hati-hati dan pelan-pelan.
  7. Hindari terbentuknya gelembung-gelembung air, menghindari dengan dibantu dengan meletakkan kaca penutup di atas kertas saringdan ditutupkan pelan-pelan.
  8. Kelebihan air diisap dengan tissue.


     Cara Pengamatan

  1. Siapkan mikroskop yang telah diketahui kelengkapanya dan keadaan bersih.
  2. Letakkan mikroskop pada meja tanpa alas buku.
  3. Aturlah pencahayaannya dengan menggunakan lensa objektif perbesaran 10x.
  4. Letakkan preparat dibawah lensa objektif pembesaran 10 x dengan posisi yang benar.
  5. Carilah bayangan benda pada preparat, dengan memutar makrometer sampai lensa objektif mendekati preparat kurang lebih 2mm siatasnya(lihatlah dari pinggir), kemudian putar kembali makrometer keatas secara pelan-pelan, sampai terlihat bayangan.
  6. Apabila telah terlihat bayangan benda tersebut, tunjukanlah pada bagian yang akan diamati, Perjelas dengan cara memutar mikrometer secara perlahan-lahan dan putar lensa objektif ke perbesaran 40x. dan perjelas lai dengan cara memutar mikrometer perlahan-lahan.
  7. Menentukkan benda yang diamati dengan ukuran yang sesungguhnya dapat dilakukan dengan menggunakan mikrometer dengan perhitungan :

          Y=d/a
          Y = panjang sel dalam mikron.
          a = jumlah sel disepanjang luas pandang.
          d = diameter luas pandang dalam mikron.

 

sumber : http://www.wikipedia.org

Kami menjual berbagai alat laboratorium lainnya, jika Anda membutuhkan peralatan dengan kualitas tinggi dan dengan penawaran yang bagus silahkan hubungi kami disini.
  • Telp               : 021 8690 6782
  • Fax                : 021 8690 6781
  • Whats App     : 0816 1740 8900
  • Email             : sales@anm.co.id
  • Website         :  anm.co.id / Alatlabor.com

 

Tags : Tips merawat mikroskopMikroskop Stereo,  Preparat MikroskopFungsi dan bagian bagian mikroskopPreparat BiologiPreparat ZoologiPreparat BotaniPreparat Mitoses dan MiosesPreparat ParasitologiPreparat HistologiPreparat MikrobiologiPreparat Cell BiologiPreparat EmbriologiCara merawat MikroskopMikroskop StereoPreparat UniversitasMikroskop Disgital, Preparat BotaniPreparat HistologiFungsi Pipet TetesBagian Mikroskop Binokuler Beserta Fungsinya, Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital, Mikroskop stereo berguna untuk melihat suatu dengan realistis gambar tiga dimensi dari seluruh objek, Mikroskop stereo, mikroskop binokuler, pengertian mikroskop, Cara Menggunakan Mikroskop&Perawatan Mikroskop, Apa itu Mikroskop Stereo?,  Sejarah Penemuan Mikroskop, Manfaat dari Mikroskop Siswa, Kenali Mikroskop Anda?,  Penemu Mikroskop Resolusi Tinggi Menangi Nobel Kimia, Sejarah Mikroskop part 1,  Sejarah Mikroskop Part II, Mengenal Mikroskop Elektron, Indonesia dapat Hibah 5 microscope seharga 5 Milyar !!, Mengenal Preparat secara Garis Besar, Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop, Mengenal Preparat Mikroskop, Apa sih mikroskop stereo itu ?,   Cara Menggunakan Mikroskop Siswa, Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya, Jenis – Jenis Mikroskop, Cara merawat Mikroskop, Mengenal bagian – bagian Mikroskop ?,  Mendeteksi Bakteri Mikroskop Solusinya