Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital
 

Mikroskop_Digital.JPG

Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital

Senin, 10 Desember 2018

Dalam dunia sains dan kedokteran pasti kalian sudah mengetahui tentang alat Mikroskop ini yang fungsinya untuk melihat makhluk hidup yang berukuran mikroskopik yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Berdasarkan penjelasan diatas, Mikroskop ini mempunyai peranan penting dalam memecahkan persoalan tertentu (terutama dalam bidang laboratorium yang mengarah ke penelitian maupun pendidikan).

 

Dari sisi teknologi, penggunaan mikroskop manual masih atau biasa masih banyak di Indonesia, diperkirakan secara estimasi 90%. Padahal dengan perkembangan teknologi saat ini memungkinkan semua terintegrasi dalam satu paket teknologi sehingga semua berjalan sangat efektif dan efisien. Atas Dasar proyeksi kebutuhan diatas, maka munculah Mikroskop Digital (Digital Microscope)  yang terdiri dari mikroskop biasa dengan kamera digital yang dibangun ke dalamnya. Gambar terlihat melalui Mikroskop Digital yang diproyeksikan ke monitor computer dan disimpan pada file computer. Mikroskop Digital ini pertama kali dibuat oleh sebuah perusahaan lensa di Tokyo, Jepang pada tahun 1986, yang sekarang dikenal sebagai Hirox Co Ltd.

 

Banyak keuntungan saat memakai Mikroskop Digital seperti:

 

  • Semua keuntungan dari mikroskop slide,yaitu warna terlihat jelas, tidak memerlukan listrik kecuali untuk sumber cahaya.
  • Pada Mikroskop Digital spesifikasi 3D, objek dapat dilihat dari hamper setiap sudut dan tiga dimensi fitur-fitur dapat diperiksa.
  • Dan beberapa Mikroskop Digital mempunyai kemampuan untuk melakukan Video Streaming, Capturing, Video Recording.

 

Semua alat selain mempunyai keuntungan pasti mempunyai kekurangan, dan kekurangan dari Mikroskop Digital yaitu:

 

  • Memerlukan sumber listrik untuk beroperasi;
  • Membutuhkan komputer, walaupun beberapa termasuk viewscreen mereka sendiri;
  • Pada mikroskop spesifikasi 3D harganya sangat mahal.

 

Mikroskop Digital ini direkomendasikan untuk di dunia pendidikan, penelitian, kedokteran, dan lain sebagainya karena kelebihannya jauh lebih baik dari mikroskop biasa.