Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi Pipet Tetes
 

5150224_ef37a586-8448-4cdd-af89-a40714199f16.jpg

Fungsi Pipet Tetes

Senin, 10 Desember 2018

 

 

Pipet tetes adalah jenis pipet yang berupa pipa kecil terbuat dari plastik atau kaca dengan ujung bawahnya agak meruncing dengan ujung atasnya ditutupi karet. Berguna untuk mengambil cairan dalam skala tetesan kecil, saat melakukan percobaan reaksi kimia di laboratorium, bahan yang kita perlukan jumlahnya tidaklah terlalu besar sehingga tidak bisa diukur dengn alat ukur yang berskala. Untuk keperluan itu maka digunakan pipet tetes. Pipet tetes ini hanya bisa digunakan untuk bahan yang bersifat cair. Jika ada bahan padatan yang harus di ukur menggunakan pipet tetes, maka padatan tersebut harus terlebih dahulu di larutkan.

Fungsi Pipet Tetes

Pipet tetes berfungsi untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dalam jumlah yang sangat kecil yaitu setetes demi tetes. Pemindahan cairan dengan menggunakan pipet tetes memang memakan waktu yang sangat lama jika yang di pindahkan sangat banyak. Tapi sesuai dengan namanya, pipet tetes hanya di gunakan untuk memindahkah cairan dengan kuantitas yang sangat kecil atau sedikit.

 

Berikut ini merupakan jenis pipet dan fungsinya masing-masing.

  • Pipet (pipette, pipettor, chemical dropper).

Fungsi dari pipet jenis ini ialah untuk memindahkah sejumlah cairan dengan bermacam tingkatan serta presisi. Ukuran dari pipet ini a hingga 1000 ml, untuk pipet berukuran volume 1 sampai 1000 μl dinamakan mikropipet atau micropipettes, sedangkan yang berukuran volume lebih besar dinamakan makropipet atau macropipettes.

 

  • Pipet ukur atau measuring pipette.

Fungsi pipet ukur ialah untuk memindahkan larutan ataupun cairan ke dalam wadah dengan sejumlah ukuran volume, ukuran volume terbesar dari Pipet ukur ialah pipet ukur berukuran 50ml.

 

  • Pipet volume atau volume pipette.

Pipet volume atau volume pipette memiliki bentuk berbeda dari pipet lainnya. Pipet jenis ini berbentuk menggelembung di bagian tengahnya. Fungsi dari bentuk menggelembung tersebut ialah untuk mengambil laturan dengan volume yang tepa sesuai label yang tertera di bagian yang menggelembung. Gunakanlah pipet pump atau propipet untuk menyedot larutan .

 

  • Pipet tetes atau drop pipette.

Fungsi dari pipet tetes ialah untuk membantu memindahkan cairan dari suatu wadah ke wadah yang lainnya dalam jumlah yang amat kecil, yaitu setetes demi setetes.

 

  • Pipet Buret.

Fungsi dari pipet buret ialah untuk mengukur banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika tirasi.