Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Preparat Histologi
 

preparat_histologi.jpg

Preparat Histologi

Kamis, 17 Agustus 2017

Preparat Histologi,Preparat Biologi,Preparat Zoologi,Preparat Botani,Preparat microbiologi

 

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kultur jaringan secara detail dengan menggunakan bantuan alat Mikroskop.Objek yang di teliti adalah sediaan jaringan yang dipotong tipis.histologi juga biasa disebut dengan ilmu anatomis mikroskopis.Histologi sangat berguna dalam mempelajari fungsi fifiologi sel-sel dalam tubuh,baik Manusia,Hewan serta Tumbuhan.

 

Di bidang kedokteran ilmu histologi digunakan sebagai penelitian tumor merupakan hasil dari pemeriksaan (sampel) jaringan. Histologi sangat menggantungkan diri pada penggunaan mikroskop dan teknik penyediaan contoh jaringan.

 

Prinsip Keja Preparat histologi :

 

-    Fikasasi adalah suatu usaha yang dilakukan manusia untuk mempertahankan elemen-elemen sel agar tetap pada tempatnya dan tidak mengalami bentuk maupun ukuran.


-     Washing adalah proses pencucian untuk menghilangkan larutan fikasasi dalam kultur jaringan.Proses washing dilakukan dengan tujuan agar tidak terdapat molekul-molekul fiksatif.


-   Dehidrasi adalah proses penarikan molekul air dalam jaringan.Tujuan dari proses dehidrasi adalah agar seluruh ruang-ruang antar sel jaringan dapat diisi dengan molekul paraffin.


-    Clearing adalah proses penjernihan atau mentrasparankan kultur jaringan.Clearing berfungsi untuk menarik alcohol atau dehidran yang lain dari dalam jaringan agar dapat digantikan dengan molekul paraffin.


-    Impregnasi adalah proses pengualaran xylem dari dalam jaringan yang akan digantikan oleh cairabn paraffin.


-     Embeding adalah proses penanaman jaringan kedalam media paraffin.Tujuan dari proses embedding adalah untuk mempermudah dalam proses pemotongan sampel.


-   Cutting adalah proses pemotongan jaringan dengan menggunakan mikrotom.


-   Staining adalah proses pewarnaan jaringan dengan menggunakan zat warna.Tujuan dari pewarnaan jaringan adalah untuk mempermudah dalam proses penelitian di mikroskop.