Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara Menggunakan Mikroskop Siswa
 

index.jpg

Cara Menggunakan Mikroskop Siswa

Senin, 14 Oktober 2019

Setelah kita telah mengetahui banyak hal mengenai mikroskop pada artikel terdahulu, kiranya tidak afdol jika kita tidak memberitahu bagaimana cara menggunakannya. Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan mikroskop.

 

Mikroskop yang kita gunakan untuk pembelajaran adalah mikroskop siswa. Mengapa mikroskop siswa ?? karena mikroskop siswa termasuk salah satu jenis mikroskop sederhana yang biasanya digunakan untuk pembelajaran siswa - siswi disekolah, salah satu contoh tipe mikroskop siswa adalah Mikroskop YAZUMI XSZ 107BN dan Mikroskop XSP-12 buatan jepang.

 

 

Sebelum kita memulai penggunannya ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu :

 

1. Keluarkan mikroskop dari tempanya (box), lensa okuler dann objektif dari kotak hitam bila semua masih berada di tempatnya.

 

2.  Pasanglah lensa okuler mulai dar perbesaran lemah, kemudian pasang semua lensa objektif masing-masing pada tempatnya.

 

3.  Siapkan preparat yang akan diamati

 

4.  Carilah tempat yang memungkinkan agar mikroskop dapa memperoleh cahaya yang dibutuhkan

 

 

Tahap Inti

1. Letakkan mikroskop di atas meja, untuk memindahkan mikroskop gunakan cara yang benar yaitu tangan kiri memegang lengan mikroskop dan tangan kanan menopang kaki (dasar) mikroskop.

 

2. Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisinya satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver.

 

3. Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang).

4. Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda!

 

5. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus !

 

6. Apabila bayangan obyek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik

 

7.  Apabila telah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab

 

 

 

 

 

 

 

sumber : http://garda-pengetahuan.blogspot.com/2012/10/cara-menggunakan-mikroskop-siswa.html

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-9xwFkegs3Jw/UFa435CK0TI/AAAAAAAAAwI/n3afL9Vr9rM/s320/Cara+menggunakan+mikroskop+siswa.jpg