Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi PH Meter
 

pc450_2_m.jpg

Fungsi PH Meter

Minggu, 27 Mei 2018

 

 

Fungsi dan Jenis pH Meter

Fungsi PH Meter untuk mengukur kadar pH  yaitu kadar keasaman/basa pada suatu cairan. PH meter terdiri atas elektroda/probe pengukur yang terhubung ke sebuah alat elektronik yang mengukur dan menampilkan nilai pH. Probe/Elektroda adalah bagian sangat penting dalam alat ukur kadar asam ini. Elektroda adalah alat yang sensitif berupa  batang terbuat dari kaca.

 

Prinsip kerja pH Meter

Jika semakin banyak elektron sampel maka semakin bernilai asam begitu dan sebaliknya, karena batang sensitif tadi pada pH meter berisi larutan elektrolit lemah, sehingga akan timbul rekasi yang akan membuat elektrolit itu bertambah/berkurang nilainya. Pengukurannya asam/basa tidak lebih dari sebuah voltmeter yang mampu melakukan pengukuran dalam pH selain volt.

 

Jenis PH Meter

PH Meter Air

Digunakan perusahaan air mineral untuk memeriksa kadar asam agar air yang mereka jual terbukti netral dan untuk meningkatkan kualitasnya, karena mereka harus menjual air dengan nilai PH yang sudah ditentukan oleh departemen kesehatan, maka ph meter sangat diperlukan untuk ukuran netral pada PH Meter air menunjukkan angka 7, dan jika kurang dari 7 menunjukkan asam dan untuk basa menunjukkan angka lebih dari 7.
 

PH Meter Tanah

Digunakan untuk menentukan kesuburan suatu tanah, fungsi utama dari ph meter untuk mengukur kadar asam di tanah karena PH di tanah bisa memeriksa ketersediaan dan sifat racun dari unsur seperti :

- Al (Alumunium),
- Fe (besi),
- Mn (Mangan),
- Cu (seng)
- B (Boron). 

 

Dalam pertanian Ph meter digunakan untuk pengukuran PH tanah untuk mengontrol pengaruh praktek pengolahan pertanian.

 

Larangan Penggunaan PH Meter :

PH Meter ini tidak boleh digunakan untuk mengukur cairan berikut :

  • Air panas dalam suhu melebihi suhu kamar karena pengukuran membuat tidak presisif.
  • Air Es/air dingin dengan suhu dibawah suhu kamar karena pengukuran menjadi tidak presisi.
  • Jenis air/cairan lainnya yang tidak masuk dalam jangkauan pengukuran dari spesifikasi ph meter.

 

Bagian-bagian PH Meter

Berikut adalah komponen-komponen yang menyusun ph meter :

 

- Elektrode kaca

berfungsi sebagai  kutub  antara dua elektrode ph meter yang tercelup ke dalam larutan. Pada ujung elektrode ada bulb berfungsi  tempat pertukaran ion positif (H+).

 

Elektrode referensi

berfungsi sebagai kutub lain selain elektrode kaca yang terendam larutan tertentu yang terbentuk rangkaian listrik. Elektrode ini dirancang punya nilai potensial yang tetap pada kondisi larutan apapun.

 

Termometer

Bagian sensor temperatur ph meter ini menjadi satu komponen wajib pH meter, karena nilai pH sangat dipengaruhi oleh temperatur larutan.


Amplifier

Berfungsi sebagai penguat voltase(amplifier). Voltase yang dihasilkan oleh dua elektrode pH meter terlalu rendah yakni sekitar 60 mV untuk setiap tingkatan nilai pH.


Mikroprosesor

berfungsi mengolah nilai voltase yang dikirim amplifier menjadi nilai pH. Perhitungan kompensasi nilai temperatur larutan terukur, juga dihitung oleh mikroprosesor ini.


Multiparameter Eutech PC 450


Ph meter selalu berkembang dengan seiring berkembangnya zaman PH Meter sudah semakin canggih dengan teknologi terbaru, yang meliputi keakuratan yang tinggi, waktu yang cepat dan pemakaian yang cukup mudah, seperti PH Meter Multiparameter Eutech PC 450.

pc450_2_m.jpg

 

Multiparameter Eutech PC 450


 

  • Desain tahan air tahan lama dan tahan debu dengan rating IP67, Beralih antara pH, mV, konduktivitas.
  • TDS dan salinitas dengan menekan sebuah tombol, Layar custom besar dan backlit, Memungkinkan Anda melihat pengukuran dengan suhu.
  • Grip-Clip ™ Dengan cepat dan mudah mengamankan pH dan konduktivitas elektroda yang terpisah secara bersamaan ke wadah sampel atau gelas kimia Anda.
  • Kalibrasi hingga 5 poin secara otomatis dengan kelompok penyangga AS atau NIST (sampai 6 poin dengan DIN). Pilihan manual baru, memungkinkan kalibrasi dengan maksimal 5 standar buffer kustom Anda.
  • Auto buffer recognition - Secara otomatis mengidentifikasi buffer pH yang benar untuk kalibrasi cepat.
  • Kalibrasi karena alarm - Atur pengingat yang terlihat saat tiba waktunya untuk mengkalibrasi ulang meter.
  • Intuitif, ikon yang mudah digunakan - Status elektroda menampilkan kemiringan pH atau konstanta sel.

 

Sekian dari aartikel tentang ph meter, jika Anda membutuhkan ph meter atau alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami disini.

  • Telp : 021 8690 6782
  • Fax : 021 8690 6781
  • Whats App : 0816 1740 8900
  • Email : sales@anm.co.id
  • Website : anm.co.id / Alatlabor.com

 

Tags : bagian-bagian ph meterph meter tanahph meter aircara kerja ph metercara menggunakan ph meterfungsi ph metermakalah ph metergambar ph meter