Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi Digital Torque Tester
 

njy-20.jpg

Fungsi Digital Torque Tester

Sabtu, 24 Februari 2018

 

Fungsi Digital Torque Tester - Botol adalah wadah atau tempat penampungan yang pada bagian lehernya lebih kecil disbanding badannya. Pada umumnya botol dibuat dari beling atau gelas, plastik atau aluminium, yang memiliki fungsi utamanya untuk menyimpan air, minuman ringan, susu, detergen, tinta hingga obat – obatan dan pada umumnya botol dari plastik dibuat secara ekstrusi.

 

Sejarah Tutup Botol


Tutup Botol adalah bagian yang digunakan untuk menutup ujung atau mulut botol dinamakan tutup botol (eksternal) atau sumbat (internal). Botol bisa ditutup dengan cara segel induksi pada produk – produk minuman pasaran. Asal mula tutup botol yang kita kenal hadir pada tahun 1892 dengan dipatenkannya hal tersebut oleh William Painter  (U.S. Patent 468,258). Painter datang dengan gagasan menggunakan tutup botol sekali pakai yang memiliki lekukan dan gerigi yang ia disebut “gerigi mahkota” karena mirip mahkota Ratu Inggris. Jenis tutup botol masih digunakan secara luas hari ini oleh industri bir.

 

Penemuan di awal 1900-an ini diproduksi massal pada botol kaca sehingga menyebabkan peningkatan penggunaan "tutup mahkota". Selain itu, pertumbuhan lebih lanjut datang dimana kemasan minuman lainnya diubah menjadi botol dengan menggunakan "tutup mahkota" sehingga dalam 20 tahun hampir semua minuman ringan dan botol bir, serta minuman olahraga menggunakan "tutup mahkota".

 

Pada tahun 1960-an hadir bahan sintetis yang jauh lebih murah dan sumber daya logam yang sedang langka membuat digantinya lapisan logam di tutup dengan bahan plastik dan aluminium. Dan hal lainnya beberapa "tutup mahkota" sudah diganti pula dengan tutup plastik yang memiliki twist-off  sehingga tidak memerlukan pembuka tutup terpisah. 

 

Saat ini botol aluminium dan plastik sudah dikenal sebagai bahan yang anti bocor dan menggantikan peran sebagian besar "tutup mahkota" pada minuman botol kaca dan minuman kemasan plastik. Meski demikian masih banyak minuman bir dan minuman soda yang tetap memakai bahan logam untuk tutup botol pada minumannya, meski ada perbedaan pada desain awalnya yaitu dulu ada tutup botol bermahkota yang memiliki 24 gerigi, sedangkan sekarang hanya memiliki 21 gerigi.

 

Peran Tutup Botol Dalam Industri Minuman


Bagi beberapa produsen minuman, kemasan atau wadah punya peran  sangat banyak dan mempengaruhi tinggi rendahnya pada penghasilan dan penjualan. Kemasan ini berperan penting pada produk makanan dan minuman. Karena tidak akan ada pelanggangan atau konsumen yang I gin membeli produk yang kemasannya terlihat kotor dan tidak higienis.

 

Seluruh bagian kemasan harus terlihat sempurna. Contohnya kemasan yang berbentuk botol.hingga tutup botol itu harus diperhatikan. Maka botol tidak tertutup dengan rapat dan isi produk bisa-bisa rusak. Bila diperhatikan terdapat  jenis tutup botol yaitu jenis sumbat (cork) seperti pada botol wine dan jenis mahkota seperti botol minuman tanpa soda, kecap, sambal, dan produk konsumsi.

 

Tutup botol harus memenuhi persyaratan, seperti harus dapat mencegah penetrasi atau masuknya senyawa dari luar ke dalam botol dan tidak menimbulkan reaksi dengan produk yang dikemas, tidak lengket dengan produk satu sama lain. Yang tak kalah penting, tutup botol harus bisa memiliki fungsi utamanya yaitu mudah dibuka, tapi tidak mudah dirusak.

 

Kesimpulannya adalah tutup botol memiliki peran penting untuk dapat membuat botol dan isinya tetap awet karena bagian botol ini adalah yang paling rawan rusak. Tutup botol harus dapat mengunci sebuah botol hingga rapat dan mudah pula di buka dan tidak merepotkan konsumen, oleh karena itu jika Anda adalah produsen minuman kemasan dan memakai wadah botol maka kualitas tutup botol ini harus benar benar di pantau dan di uji dengan baik.

 

Seiring berkembangnya zaman telah diciptakan alat khsus untuk menguji kualitas tutup botol sehingga keamanan dan kehigyenisa produk terjamin, alat tersebut adalah Digital Torque Tester LabthinkTorque Tester merupakan alat ukur yang digunakan untuk menentukan nilai torka yang dihasilkan pada komponen putarnya. Dengan memasang benda yang hendak diukur atau alat ukur yang hendak diverifikas, maka besarnya usaha untuk melakukan pemutaran ditunjukkan oleh alat. Penunjukan ini dalam satuan N.m dan usaha yang dilakukan umum dikenal sebagai torka atau momen gaya.


Kekuatan terbuka dan kunci tutup botol adalah parameter produksi online dan offline yang penting. Mereka dapat mempengaruhi transportasi dan konsumsi produk. NJY-20 Digital Torque Tester dirancang untuk mengukur kekuatan terbuka dan kekuatan pengunci dari tutup botol, tas cerat dan paket tabung fleksibel. Kestabilan dan ketepatannya membuatnya menjadi kebutuhan bagi proses manufaktur.

 

 Fitur

- Alat ini dikendalikan oleh komputer mikro dengan antarmuka menu, panel operasi PVC dan layar LCD besar.

- 2 mode uji untuk gaya terbuka dan kekuatan pengunci.

- Penahanan otomatis nilai puncak dan pencatatan hasil tes.

- Unit pengujian standar yang nyaman untuk referensi data dan perbandingan

- Intelligent desain overload perlindungan, otomatis zeroing dan error alert untuk operasi uji aman.

- Dilengkapi dengan port RS232 dan port printer mikro yang nyaman untuk transmisi data dan koneksi PC.

- Mendukung Sistem Sharing Data Lab LystemTM untuk pengelolaan data yang seragam dan sistematis.

 

Aplikasi Dasar

Tes kekuatan terbuka dan pengunci tutup botol untuk paket kemasan makanan, obat-obatan, mis. Minuman atau botol tablet.

 

Paket Tube Fleksibel

Tes kekuatan terbuka dan pengunci paket tabung fleksibel untuk makanan, obat-obatan dan kosmetik, mis. Eye-drop, krim tangan dan semir sepatu, dll.

 

Aplikasi yang diperluas (Sekrup)

  • Buka dan kunci kekuatan uji sekrup.
  • Vacuum Flask dan Vacuum Cup
  • Uji kekuatan terbuka dan pengunci tutup guci hampa udara dan cangkir vakum.

 

Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda, terima kasih telah mengunjungi web kami. kami menjual Digital Torque Tester dengan kualitas yang bagus dan jika Anda membutuhkan Digital Torque Tester dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami :

 

Office  : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur

Email  : sales@anm.co.id

Telp  : 0816-1740-8900 / (021)-8690-6782

Fax  : (021)-8690-6781


Tags : cara menggunakan torque meterprinsip kerja torque metercara kerja torsi meteralat ukur torsi motorpengertian torque meteralat torsibagian bagian kunci momenneraca torsi