Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Moisture Balance
 

250_250_moisture_balance.png1.jpg

Moisture Balance

Kamis, 19 Juli 2018

 

Moisture BalanceMoisture Balance adalah alat ukur kelembaban yang menggunakan prinsip pengukuran kelembaban gravimetrik, juga disebut sebagai termogravimetri atau kehilangan pengeringan (LOD). Moisture Balance menggunakan salah satu metode paling tepat yang tersedia untuk penentuan kelembaban. Moisture Balance juga memberikan banyak fleksibilitas, karena pengukuran kelembaban gravimetrik tidak bergantung material.

 

Hal ini berarti bahwa tidak ada karakteristik material atau preset yang harus diselamatkan oleh keseimbangan kelembaban gravimetrik. Sebagai gantinya, pengukuran kelembaban gravimetri bergantung pada berat sampel. Untuk memulai, sampel ditimbang dengan skala presisi.

 

Pengukuran Kelembaban Gravimetri


Keseimbangan yang Kuat Sampel kemudian dikeringkan dan ditimbang berulang-ulang sampai sampel tidak menunjukkan adanya fluktuasi berat badan. Bobot sampel setelah proses pengeringan diakhiri dibandingkan dengan berat sampel sebelum mengering. Selain itu, bobot yang dicatat selama proses pengeringan diperhitungkan dan kandungan atau rasio kelembaban akhir untuk sampel bahan diperoleh. Kuncinya adalah memanaskan sampel cukup sehingga bahan melepaskan kelembaban tanpa terbakar. Oleh karena itu, suhu harus disesuaikan untuk mengakomodasi toleransi panas bahan sampel. Namun, produk keseimbangan kelembaban ini hanya memasok nilai terukur setelah sekitar 5 sampai 90 menit. Waktu pengeringan sebenarnya tergantung pada kadar air dan ukuran sampel masing-masing.



PCE Instruments (PCE) membawa produk keseimbangan kelembaban halogen yang dirancang untuk membuat proses pengukuran kelembaban gravimetrik sesederhana dan semudah mungkin. Model keseimbangan kelembaban halogen ini terdiri dari dua komponen utama: skala presisi built-in dan ruang pengeringan. Keseimbangan kelembaban secara otomatis mencatat berat awal sampel dan memantau berat seluruh proses pengeringan. Jika skala presisi built-in tidak lagi menentukan perbedaan berat setelah melakukan beberapa pengukuran, proses pengeringan dihentikan dan data pengukuran dicatat. Proses otomatis ini menawarkan keuntungan yang cukup besar dibandingkan dengan pengeringan kiln konvensional, yang pada interval reguler sampel harus dilepas secara manual dari lemari pengeringan dan ditimbang berkali-kali.

 

Keuntungan Menggunakan Mositure Balance


Keuntungan tambahan dari keseimbangan air halogen PCE adalah termostat terpadu. Ini memberi Anda kemampuan untuk menyesuaikan suhu dengan mudah selama proses pengeringan. Misalnya, sampel yang relatif basah dapat dikeringkan pada fase awal pada suhu yang lebih tinggi, karena kadar air yang lebih tinggi mencegah sampel terbakar. Suhu pengeringan kemudian dapat diturunkan dari waktu ke waktu, sehingga saat sampel menjadi lebih dan lebih kering, bahannya tidak terbakar.

 

Setelah proses pengeringan dilakukan, prosesnya dapat disimpan sebagai program untuk penggunaan berulang, sehingga memastikan pengukuran yang dapat direproduksi. Data yang diukur dapat dilacak secara real time pada tampilan keseimbangan kelembaban atau pada monitor PC yang terhubung. Data yang terukur juga dapat disimpan atau dicetak untuk tujuan dokumentasi.

 

Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda, terima kasih telah mengunjungi web kami. kami menjual Analytical balance dengan kualitas yang bagus dan jika Anda membutuhkan Analytical balance dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami :

 

Office  : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur

Email  : sales@anm.co.id

Telp  : 0816-1740-8900 / (021)-8690-6782

Fax  : (021)-8690-6781


Tags : pengertian moisture balanceprinsip moisture balancepengertian moisture analyzermetode moisture balancepenentuan kadar air dengan moisture analyzerspesifikasi moisture balanceprinsip kerja moisture analyzer pdfbagian bagian moisture meter