Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Tips Merawat Timbangan Digital
 

labtronics-gh-214-analytical-balance.jpg

Tips Merawat Timbangan Digital

Minggu, 17 Desember 2017

 

Timbangan digital adalah alat labortorium yang sangat penting dalam kegitan pengukuran. Setiap dalam kegiatan penimbangan, timbangan digital ini pasti dipergunakan. Baik untuk menimbang benda berukuran kecil maupun besar.

 

Timbangan digital dipakai setiap hari untuk proses penimbangan, tetapi jika tidak kita tidak merawat secara baik dan benar timbangan tersebut akan cepat rusak. Jika telah rusak, maka akan perlu biaya  ekstra untuk memperbaikinya. Karena itulah, kita perlu tau apa saja yang perlu dilakukan dalam merawat timbangan terutama timbangan digital. 

 

 

Berikut ini ada berberapa tips dalam merawat timbangan digital 

1. Perhatikan manual book atau buku petunjuk saat menggunakan timbangan sesuai dengan ketentuannya, Jangan gunkan melebihi dari beban maksimal timbangan. Jika melebihi maka timbanglah dengan cepat agar timbangan tidak cepat rusak karena kelebihan beban (overload).

 

2. Pergunakan sensor digital secara baik
Berberapa timbangan digital memiliki sensor halus. Jika punya, maka perlakukan dengan baik. Jangan terlalu kasar, bahkan sampai dibanting.

 

3. Pastikan timbangan listrik mendapatkan daya yang baik
Timbangan digital mempunyai 2 jenis sumber daya. Yaitu yang berasal dari daya listrik langsung (PLN) dan menggunakan baterai. Jika berasal dari daya listrik langsung, pastikan timbangan menerima daya listrik secara tepat agar tidak boros energi. Untuk baterai pastikan baterai yang digunakan sesuai agar timbangan dapat mengukur benda dengan akurat.

 

4. Jauhkan timbangan dari perangkat elektronik lainnya
Angka yang muncul dalam timbangan digital biasanya tergantung dari beratnya benda. Namun terkadang, terjadi ketidakakuratan benda yang disebabkan adanya gangguan eletromagnetik yang berasal dari perangkat elektronik lainnya seperti radio, microwave, ponsel, dsb. Bila terjadi, jauhkan atau matikan perangkat elektronik yang berada di dekat timbangan digital.

 

5. Bersihkan timbangan digital dari debu dan kotoran lainnya
Bersihkan timbangan digital dengan menggunakan kain bersih untuk di lap. Jika terdapat piringannya, maka cuci piringan tersebut dengan bilasan air dan keringkan. 

 

6. Jangan lupa untuk selalu KALIBRASI timbangan 
Agar mendapatkan hasil yang akurat, pastikan untuk selalu kalibrasi timbangan setiap kali ingin menggunakan timbangan digital anda. 

 

7. Matikan timbangan jika setelah selesai digunakan
Matikan timbangan digital kalau sudah tidak digunakan lagi. Jika dibiarkan menyala, maka akan bekerja terus menerus dan membuat timbangan digital tidak tahan lama, simpan dan kemas rapi timbangan pada tempat yang bersih dan aman.

 

Demikian tips merawat timbangan kali ini, semoga dapat membantu Anda