Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Berbagai jenis Pipet
 

177-747300_large.jpg

Berbagai jenis Pipet

Minggu, 17 Desember 2017

 

Berbagai jenis Pipet, Pipet adalah salah satu alat laboratorium yang umumnya dipakai dalam kegiatan laboratorium. Pipet memiliki ukuran yang kecil dengan panjang seperti sedotan dan terbuat dari plastik ataupun kaca pada bagian ujung bawah meruncing dan bagian ujung atasnya ditutupi karet. Fungsi dari pipet ini untuk mengambil cairan dalam skala tetesan kecil.

Seringkali pada dalam proses penelitian peneliti harus memindahkan cairan yang volumenya tak terlalu besar, pada saat itu peneliti membutuhkan alat pipet ini yang mampu memindahkan cairan yang volumenya tak begitu besar dari satu wadah menuju wadah yang lainnya.

Berbagai jenis Pipet, Pemindahan cairan memakai pipet umumnya memerlukan waktu yang cukup lama, sebab hanya memiliki volume maksimal tak lebih dari 5ml. Terdapat berbagai bentuk serta ukuran dari pipet  dari yang paling kecil yaitu 1ml, sampai yang paling besar ialah 5ml.

Berikut adalah jenis pipet dan fungsinya.

  1. Pipet (pipette, pipettor, chemical dropper).

Fungsi dari pipet jenis ini ialah untuk memindahkah sejumlah cairan dengan bermacam tingkatan serta presisi. Ukuran dari pipet ini a hingga 1000 ml, untuk pipet berukuran volume 1 sampai 1000 μl dinamakan mikropipet atau micropipettes, sedangkan yang berukuran volume lebih besar dinamakan makropipet atau macropipettes.

  1. Pipet ukur atau measuring pipette.

Fungsi pipet ukur ialah untuk memindahkan larutan ataupun cairan ke dalam wadah dengan sejumlah ukuran volume, ukuran volume terbesar dari Pipet ukur ialah pipet ukur berukuran 50ml.

  1. Pipet volume atau volume pipette.

Pipet volume atau volume pipette memiliki bentuk berbeda dari pipet lainnya. Pipet jenis ini berbentuk menggelembung di bagian tengahnya. Fungsi dari bentuk menggelembung tersebut ialah untuk mengambil laturan dengan volume yang tepa sesuai label yang tertera di bagian yang menggelembung. Gunakanlah pipet pump atau propipet untuk menyedot larutan .

  1. Pipet tetes atau drop pipette.

Fungsi dari pipet tetes ialah untuk membantu memindahkan cairan dari suatu wadah ke wadah yang lainnya dalam jumlah yang amat kecil, yaitu setetes demi setetes.

  1. Pipet Buret.

Fungsi dari pipet buret ialah untuk mengukur banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika tirasi.

Untuk melihat berbagai pipet dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website kami Anm.co.id dan Alatlabor.com