Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Apa itu Evaporating Dish?
 

ep.jpg

Apa itu Evaporating Dish?

Senin, 14 Oktober 2019

Evaporating Dish adalah bagian dari gelas laboratorium yang digunakan untuk penguapan solusi dan cairan supernatan dan kadang-kadang ke titik lelehnya. Piring menguap digunakan untuk menguapkan kelebihan pelarut - air paling umum - untuk menghasilkan larutan pekat atau endapan padat dari bahan terlarut.

Sebagian besar terbuat dari porselen atau kaca borosilikat. Kaca dangkal menguap piring biasanya disebut "kacamata menonton", karena mereka menyerupai jendela depan sebuah jam saku. Beberapa digunakan untuk pekerjaan suhu tinggi logam tahan api, biasanya platinum, karena perilaku non-reaktif dan risiko rendah kontaminasi.

Kapasitas evaporator biasanya kecil - dalam kisaran 3-10 ml. Piring yang lebih besar, hingga 100 ml, yang berbeda dalam bentuk, dan lebih setengah bola.
Evaporator paling sering digunakan dalam analisis kuantitatif.

Dalam penentuan kadar silikon dalam sampel organik, sedikit demi sedikit dan akurat diukur dari zat ditambahkan ke jumlah besar asam sulfat, kemudian dipanaskan dalam evaporating dish. Evaporating dipanaskan dengan pembakar Bunsen, hingga hanya endapan yang stabil tetap, yang berisi kandungan silika. evaporating ini kemudian ditutup dan dipanaskan pada suhu tinggi hingga benar-benar bersih, leburan silika diproduksi. Perbandingan berat awal substansi dan bahwa dari leburan silika memungkinkan untuk isi silikon dalam sampel yang akan ditentukan.

Shell relatif datar. Sebuah permukaan cairan yang relatif besar mempromosikan penguapan.
Jika dipanaskan dalam labu atau gelas, bagian dari cairan menguap mengembun di dinding kapal dan mengalir kembali ke dalam larutan. Hal ini tidak terjadi dalam sebuah piring.

Ketika pemanasan cairan dalam hidangan menguap, dinding rendah mendorong percikan dan pengadukan atau berputar menguap cairan dianggap praktik buruk, karena risiko tumpahan.
Penguapan di laboratorium, terutama dalam jumlah produksi bukan hanya untuk analisis, kini sebagian besar dilakukan dalam evaporator rotary. Hal ini lebih disukai karena bekerja lebih cepat dan dapat digunakan di bawah vakum, menghindari reaksi yang tidak diinginkan dengan atmosfer dan memungkinkan kontrol asap berbahaya. Penguapan di bawah vakum juga mengurangi keparahan menabrak dan semangat yg meluap-luap kekerasan.