Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Definisi, Fungsi dan Manfaat Cawan Petri
 

download.jpg

Definisi, Fungsi dan Manfaat Cawan Petri

Senin, 14 Oktober 2019

 

Cawan petri (petridish) adalah wadah bulat dangkal, terbuat dari kaca atau plastik yang memiliki tutup, dan menjadi kelengkapan vital di laboratorium.Cawan petri(petridish) memiliki berbagai fungsi, tetapi yang paling penting antara lain digunakan sebagai wadah untuk perkembangan kultur sel, bakteri, serta virus yang hendak diteliti. Banyak terobosan ilmiah yang terbantu oleh wadah sederhana ini terutama yang melibatkan struktur - struktur renik.Penemu cawan petri adalah Julius Richard Petri pada tahun 1877, yang sebelumnya frustrasi saat menggunakan berbagai alat untuk perkembangbiakan kultur.

 

Kebanyakan ilmuwan pada saat itu menggunakan mangkuk dangkal atau botol yang tidak terlalu ergonomis dan rentan terhadap kontaminasi.Petri berpikir bahwa cawan cangkal berbentuk lingkaran dan dilengkapi tutup akan menjadi solusi ideal atas masalah tersebutTutup pada cawan dinilai efektif mencegah kontaminasi, sedangkan bentuk dasar cawan yang rata membuatnya bisa ditumpuk sehingga memudahkan penyimpanan dan penyusunan.Ketika digunakan untuk kultur sel, cawan petri biasanya diisi dengan medium pertumbuhan dari agar-agar atau gel yang dibuat dari ekstrak ganggang merah dan berbagai nutrisi.Organisme yang susah dikembangbiakkan mungkin memerlukan waktu hingga beberapa minggu dan membutuhkan lingkungan yang khusus.

 

Terdapat kegunaan lain cawan petri, misalnya untuk mengajarkan siswa mengenai perkecambahan biji.Menggunakan cawan petri yang transparan, siswa bisa melihat perkembangan kecambah dari waktu ke waktu.Selain itu, cawan petri bisa pula digunakan untuk menempatkan jaringan hasil sayatan untuk kemudian dianalisa menggunakan mikroskop.

 

Cawan petri(petridish) juga dapat digunakan untuk tujuan eksperimental dasar seperti pemindahan cairan atau pengeringan cairan.Kemajuan besar dalam ilmu pengetahuan seperti pertumbuhan sel terintegrasi dengan sirkuit elektronik, kloning organ, serta berbagai studi mikrobiologi berutang jasa pada wadah sederhana si cawan petri.

 

Selain itu, cawan petri bisa pula digunakan untuk menempatkan jaringan hasil sayatan untuk kemudian dianalisa menggunakan mikroskop. Cawan petri juga dapat digunakan untuk tujuan eksperimental dasar seperti pemindahan cairan atau pengeringan cairan.

 

Kami menjual berbagai alat glassware dan alat laboratorium lainnya, jika Anda membutuhkan peralatan dengan kualitas tinggi dan dengan penawaran yang bagus silahkan hubungi kami disini.
  • Telp               : 021 8690 6782
  • Fax                : 021 8690 6781
  • Whats App     : 0816 1740 8900
  • Email             : sales@anm.co.id
  • Website         :  anm.co.id / Alatlabor.com