Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Apa itu Spatula?
 

Spatula-Chemist.jpg

Apa itu Spatula?

Jum'at, 18 Oktober 2019

Spatula adalah alat untuk mengambil obyek. Spatula yang sering digunakan di laboratorium biologi atau kimia berbentuk sendok kecil, pipih dan bertangkai.

Spatula dapat terbuat dari stainless stell, alumunium, ataupun kayu. Dalam pemilihannya tentu harus kita pertimbangkan aplikasi untuk mengambil apa spatula tersebut. Jika zat atau bahan yang kita ambil bereaksi dengan alumunium, maka tentu harus dipilih spatula yang berbahan stainless ataupun kayu.

Selain dari bahan, setiap model spatula dirancang sesuai dengan aplikasi di laboratorium itu sendiri. hanya mampu digunakan untuk mengambil sampel atau bahan dalam kisaran 5 gram tentu berbeda dengan spatula spoon yang dapat digunakan untuk mengambil lebih dari 30 gram sampel.

Ada tiga jenis spatula untuk keperluan laboratorium:
    Spatula yang terbuat dari logam (stainlessteel) digunakan untuk mengambil obyek yang telah diiris untuk sediaan mikroskop.
    Spatula politena atau tanduk, digunakan sebagai sendok untuk mengambil bahan kimia padat.
    Spatula nekel adalah spatula yang disepuh dengan nekel, digunakan sebagai sendok kecil untuk mengambil bahan kimia.
Alat ini juga dapat digunakan untuk mengaduk dalam pembuatan larutan kecuali larutan asam.
Berasal dari sebatang kaca yang berdiameter 4 mm, dipotong menurut panjang yang sesuai dan ujung – ujungnya dibulatkan dengan nyala Bunsen. Batang itu panjangnya seharusnya 20 cm untuk digunakan pada tabung reaksi dan 8 – 10 cm untuk pinggan dan gelas piala kecil. Pipa kaca berongga tidak boleh digunakan sebagai batang pengaduk. Suatu batang yang satu ujungnya runcing yang dibuat dengan memanaskan sebatang batang kaca pada nyala, kemudian menarik pada waktu masih lunak seperti dalam membuat jet kaca dan menatahkan menjadi dua, digunakan untuk melubangi ujung kerucut kertas saring untuk meindahkan isi kertas saring ke bejana lain, dengan semprotan air dari sebuat botol cuci. Batang kaca yang ujungnya berkaret disebut juga policeman digunakan untuk membuat zat padat dari dinding dalam wadah kaca. Batang pengaduk terbuat dari politena ( polietilena ) dengan suatu dayung yang berbentuk kipas pada kedua ujungnya berfungsi sebagai policeman yang memuasakan pada temperatur laboratorium