Home  |   About Us  |   Contact Us
(021) 8690 6782
Home   »   Artikel   »   Apa itu Oven Laboratorium ?

Ads Banner

  • Banner_Agent
 

Apa itu Oven Laboratorium ?

Banyak sekali aktifitas-aktifitas di sebuah laboratorium, mulai dari analis menganalisa suatu sample menggunakan bahan kimia, gelas-gelas kimia dan alat-alat kimia lain yang terdapat disebuah laboratorium, salah satu contoh instrument di laboratorium yaitu Oven, tetapi mungkin belum banyak  yang mengetahui tentang oven laboratorium dan apa fungsinya.

 

Oven laboratorium berbeda dengan oven yang terdapat di dapur- dapur rumah kita, oven laboratorium atau yang dapat juga disebut drying oven  adalah alat yang berguna untuk memanaskan atau mengeringkan peralatan laboratorium, selain fungsi- fungsi diatas oven  biasanya digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas laboratorium,zat-zat kimia maupun pelarut organik, dapat pula digunakan untuk mengukur kadar air.

 

Meskipun drying oven dapat mengeringkan alat gelas tapi tidak semua gelas dapat dikeringkan dengan alat ini  hanya alat gelas dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dikeringkan, gelas – gelas dengan tingkat ketelitian rendah biasanya dapat dikeringkan dengan drying oven sedangkan untuk alat gelas dengan ketelitian tinggi tidak dapat dikeringkan dengan oven.

 

ruang_lab1.jpglab_kim2.jpg

 

sebagai contoh apabila gelas dengan ketelitian tinggi tersebut dimasukan ke dalam oven, maka alat gelas tersebut maka alat gelas tersebut akan memuai dan berakibat ketelitiannya tidak lagi teliti. Biasanya digunakan desikator untuk mengeringkannya.

 

Dipasaran banyak berbagai type dan merek  dari product – product drying oven diantaranya produk dari Binder dan Memmert, Germany.

 

sumber foto : dari berbagai situs di internet