Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Sekilas mengenai Graduated cylinder
 

graduated_cylinder.jpg

Sekilas mengenai Graduated cylinder

Kamis, 3 Desember 2020

Graduated Cylinder atau gelas ukur silinder adalah sebuah peralatan laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Graduated cylinder  umumnya lebih akurat dan tepat dibandingkan termos laboratorium dan gelas. Namun, Graduated Cylinder kurang akurat dan presisi dibanding volumetrik gelas, seperti volumetrik flask atau pipet volumetrik. Untuk alasan ini, Graduated Cylinder tidak boleh digunakan untuk melakukan analisis volumetrik. Graduated cylinder kadang-kadang digunakan untuk secara tidak langsung mengukur volume yang solid dengan mengukur perpindahan cairan.

 

Seringkali, Graduated Cylinder terbesar terbuat dari polypropylene untuk  ketahanan kimia yang baik atau polymethylpentene untuk transparansi, membuat mereka lebih ringan dan lebih rapuh dari kaca. Polypropylene (PP) mudah untuk berulang autoclave, namun autoclaving lebih dari sekitar 130 ° C (266 ° F) (tergantung pada formulasi kimia: kelas polypropylene komersial khas meleleh di lebih dari 160 ° C (320 ° F)), dapat warp atau kerusakan polypropylene Graduated cylinder, mempengaruhi akurasi.

 

Sebuah Graduated Cylinder tradisional (A dalam gambar) biasanya sempit dan tinggi (sehingga dapat meningkatkan akurasi dan presisi pengukuran volume) dan memiliki dasar plastik atau kaca dan "corot" untuk memudahkan mengalir dari cairan diukur. Versi tambahan lebar dan rendah. Tipe lain dari Graduated Cylinder (B dalam gambar) memiliki ground glass sendi bukannya "corot", sehingga mereka dapat ditutup dengan stopper atau terhubung langsung dengan unsur-unsur lain dari manifold, mereka juga dikenal sebagai Measuring Cylinder.

 

 

Dengan jenis measuring cylinder, cairan meteran tidak menuangkan langsung, tetapi sering dihapus dengan menggunakan kanula. Sebuah graduated cylinder dimaksudkan untuk dibaca dengan permukaan cairan di tingkat mata, di mana pusat meniskus menunjukkan garis pengukuran. Kapasitas Khas Graduated Cylinder adalah antara 5 ml dan 2000 ml.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Graduated_cylinder