Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara penggunaan Drying Oven
 

drying_oven1.jpg

Cara penggunaan Drying Oven

Selasa, 21 Agustus 2018

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui apa kegunaan dan cara menggunakan alat laboratorium yang satu ini yaitu Drying Oven. Kali ini kita akan membahas seputar Drying Oven.

Pengertian

Oven atau drying oven merupakan alat yang digunakan untuk sterilisasi atau pembersihan dengan menggunakan udara kering. Alat sterilisasi ini dipakai untuk mensterilkan alat-alat gelas seperti Erlenmeyer, Petridish (cawan petri), tabung reaksi dan gelas lainnya. Bahan-bahan seperti kapas, kain dan kertas juga dapat disterilkan dalam oven tetapi dalam temperatur tertentu, pada umumnya temperatur yang digunakan pada sterilisasi cara kering adalah sekitar 140-1700C selama paling sedikit 2 jam. Perlu diperhatikan bahwa lamanya sterilisasi tergantung pada jumlah alat disterilkan dan ketahanan alat terhadap panas.

Cara Penggunaan

1.    Hubungkan drying oven dengan sumber listrik

2.    Masukkan peralatan laboratorium yang ingin disterilisasi kemudian atur dengan rapi dan tutup pintu oven dengan rapat.

3.    Hidupkan Drying Oven dengan menekan tombol ON, kemudian lampu di drying oven akan berkedip.

4.    Atur suhu dan waktu yang diinginkan pada drying oven. Jika peralatan terbuat dari plastic, dan bahan yang mudah berubah volume seperti pipet ukur dan labu ukur sebaiknya suhu tidak melebihi 100°C.

•    Bila suhu 1700C, atur waktu 1 jam

•    Bila suhu 1600C, atur waktu 2 jam

•    Bila suhu 1500C, atur waktu 2,5 jam

•    Bila suhu 1400C, atur waktu 3 jam

5.    Bila waktu yang diatur telah selesai, pengatur  waktu secara otomatis kemali ke nol

6.    Setelah selesai biarkan terlebih dahulu peralatan laboratorium mendingin didalam oven, setelah mendingin keluarkan peralatan laboratorium dan tata kembali peralatan laboratorium dengan rapi.

7.    Jangan lupa mencabut kabel oven dari sumber listrik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

 

 

 

Sumber : http://www.labsaya.com
edited by : http://wwww.alatlabor.com