Home  |   About Us  |   Contact Us
(021) 8690 6782
Home   »   Artikel   »   Jenis - jenis pipet dan fungsinya
 

pipet2.jpg

Jenis - jenis pipet dan fungsinya

Setelah sebelumnya kita sudah mengetahui fungsi dan kegunaan pipet pada laboratorium sekarang kita akan mengetahui berbagai jenis pipet dan fungsinya masing-masing.

Pipet adalah alat berbentuk silinder kecil dan panjang mirip dengan sedotan. Terbuat pipet ukur dari bahan gelas yang dilengkapi dengan ukuran dalam mililiter (ml). Secara umum Pipet berfungsi untuk memindahkan suatu volume cairan dari satu tempat ke tempat yang lain. Pipet sangat beragam bentuk dan kegunaanya. Berikut ini jenis-jenis pipet dan fungsinya.

Jenis-jenis Pipet dan fungsinya.

  • Pipet (pipette, pipettor, chemical dropper)

Berfungsi untuk memindahkan sejumlah cairan. Pipet tersedia untuk berbagai jenis penggunaan pipet dengan berbagai tingkatan akurasi dan presisi. Pipet dengan ukuran volume 1 hingga 1000 μl dinamakan mikropipet (micropipettes), sedangkan ukuran volume yang lebih besar dinamakan dengan makropipet (macropipettes)
    

Pipet Ukur berfungsi untuk memindahkan larutan atau cairan ke dalam suatu wadah dengan berbagai ukuran volume. Untuk ukuran volume pada Pipet ukur yang paling besar adalah pipet ukur dengan volume 50ml.
    

Pipet ini mempunyai bentuk yang berbeda dengan pipet lainnya dengan bentuk menggelembung ditengahnya .Bentuk yang menggelembung berfungsi  untuk mengambil larutan dengan volume tepat sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung (gondok) pada bagian tengah pipet. Gunakan propipet atau pipet pump untuk menyedot larutan    

Pipet tetes berfungsi untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dalam jumlah yang sangat kecil yaitu setetes demi tetes.
    

Pipet buret berfungsi untuk mengukur banyaknya cairan yang dikeluarkan saat titrasi