Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   What is Digital salt Meter ?
 

170_170_Digital_Salt_Meter1.JPG

What is Digital salt Meter ?

Selasa, 22 Oktober 2019

Minggu lalu kita sudah mengulas berita tentang “Pemprov jatim bagikan alat pengukur kadar garam”. Dan sekarang kita akan membahas tentang alat yang digunakan untuk mengukur kadar garam pada larutan yaitu Salt Meter.

Salt meter atau alat pengukur kadar garam adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur kadar garam dalam dalam sebuah larutan, pada sebuah salt meter biasanya terdapat sebuah elektroda  (probe pengukur )

Seiring dengan perkembangan zaman alat pengukur kadar garam telah berkembang dan saat ini yang paling sering kita temui adalah digital salt meter. Digital salt meter saat ini dilengkapi oleh monitor digital yang secara otomatis dapat melihat berapa kadar garam yang terkandung pada sebuah larutan.

Digital salt meter banyak dipakai untuk penelitian, bahkan saat ini di Indonesia petani garam sudah banyak menggunakan digital salt meter untuk mengetahui kondisi garam yang siap untuk dipanen dan diperjual belikan. karena hanya dengan menggunakan Digital Salt Meter kita bisa mengetahui kadar garam yang baik untuk kita konsumsi, karena kadar garam yang berlebih untuk kita konsumsi tidak baik bagi tubuh.

Digital Salt meter memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah Digital salt-meter ES-421. Digital salt meter ES-421 memiliki bagian sensor berbentuk sorong atau konduktivitas , yang mengukur garam% dari sempel, contohnya  : larutan kecap, saus tomat, saus Worcester, dan masih banyak lagi larutan yang terdapat kandungan garam. Dalam sempel yang sangat kecil dibutuhkan sekitar 1.0ml cukup untuk pengukuran kadar garam saja pada sebuah larutan.

 

 

 

sumber: http://www.alatlabor.com