Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Polda Jawa Timur miliki Lab DNA
 

lab-dna-dalam.jpg

Polda Jawa Timur miliki Lab DNA

Senin, 14 Oktober 2019

Surabaya - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Internasional Criminal Investigative Training Assistant Program (ICITAP) memberikan bantuan peralatan Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) untuk Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Peralatan itu dapat berfungsi untuk pembuktian gen keturunan maupun identifikasi melalui tes DNA. Karena di dalam tubuh manusia terdapat zat kimia yang memudahkan untuk mengetahuinya.

Pelaratan tersebut ditempatkan di gedung Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya lantai I kompleks Mapolda Jatim.

"Sekarang ini jarang sekali di tempat kejadian ditemukan sidik jari. Tapi dengan adanya lab DNA ini memudahkan proses penyelidikan dengan cara melakukan tes DNA terhadap bagian tubuh atau sampel lainnya yang tertinggal (TKP)," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Herman S Sumawiredja saat memberikan sambutan saat acara penyerahan peralatan Lab DNA di gedung Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya kompleks Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (6/8/2008).

Herman mengatakan para pelaku kejahatan juga mudah diketahui identitasnya. "Pelaku yang tertangkap, diambil darahnya untuk dimasukkan ke database," jelasnya.

Dia berharap proyek bantuan yang sangat mahal dari nilai harga, ilmu dan teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik. "Dibutuhkan analisis yang baik dan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab," tegasnya.

Sementara itu Konsultan Senior Internasional Criminal Investigative Training Assistant Program (ICITAP) Indonesia Prof David N Gidley mengatakan ada 35 item alat yang menjadi bagian dari lab DNA forensic hasil bantuan Pemerintah Amerika Serikat.

Diantaranya adalah perangkat-perangkat analisa untuk pemeriksaan DNA serta alat ekstraksi materi biokimia.

Juga terdapat bullet recovery tank beberapa kamera digital beresolusi tinggi, digital comparison microscope, microscope XYZ yang dapat melakukan pembesaran 1600x, dan seluruhnya terakreditasi secara internasional.

Dari 35 item alat lab DNA forensik terbagi menjadi 4 unit yakni unit kimia bioforensik. unit dokumen uang palsu forensik, unit fisika instrumen forensik serta unit balistik metalurgi forensik.

"Bantuan ini berstandar internasional. Diharapkan adanya bantuan ini dapat bermanfaat melawan kejahatan," katanya.

Lab DNA di Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya dapat melayani meliputi wilayah Polda Jatim, Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah dan Polda Kalimantan Timur.

Acara penyerahan bantuan Lab DNA itu diserahkan langsung oleh Konjen AS Carryn Mc Clelland kepada Kapolda Jatim Irjen Pol Herman S Sumawiredja digedung Labfor.

Acara ini juga dihadiri Kapuslabfor Mabes Polri Brigjen Pol M Ruslan Riza, Kepala Keamanan regional Konjen AS Dean Simplins, Penasehat Senior Penegakan Hukum Kedutaan Amerika Serikat, Gerald H Henett Jr, ICITAP Indonesia Jhon Montanio, Konsul Senior Forensik ICITAP Indonesia Prof David N Gidley, serta Kapolda Kaltim, Kalteng dan Kalsel dan pejabat utama Polda Jatim. (fat/fat)

 

 

 

 

 

 

sumber: http://news.detik.com/surabaya/read/2008/08/06/150058/984014/466/polda-jatim-miliki-lab-dna