Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Festival Food & Hotel Indonesia 2013 berjalan sukses
 

fhiluar.jpg

Festival Food & Hotel Indonesia 2013 berjalan sukses

Senin, 14 Oktober 2019

Ajang Food & Hotel Indonesia 2013 baru saja berakhir setelah berlangsung selama empat hari, yakni 10-13 April 2013. Bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, acara ini melibatkan 1.400 perusahaan di bidang pangan dan hotel, baik dari dalam maupun luar negeri.

Food & Hotel Indonesia diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang produk makanan dan minuman, mulai dari bahan baku sampai produk siap konsumsi. Sebagian produk dapat dibeli sejak pameran dimulai. Rata-rata dijual sedikit lebih murah dibanding harga di pasaran. Adapula yang baru dijual di hari terakhir seperti produk es krim asal Korea Selatan, Binggrae.

Sebagian produk impor baru akan masuk ke Indonesia melalui distributor. Di acara ini biasanya mereka hanya membagikan sampel gratis dan brosur untuk memperkenalkan produknya, mulai dari keju, cokelat, produk daging, snack, sampai wine. Salah satu yang unik adalah sampel mashed potato dengan berbagai saus, seperti rujak juhi, tom yam, dan red wine.

Di sini juga tersedia berbagai alat dan mesin untuk memproduksi sampai menyajikan makanan dan minuman. Timbangan dapur digital, Precision Balance, Analytical Balance, peralatan memasak, gelas dan piring, sampai mesin penghasil kue bolu mungil dipromosikan di acara ini. Tinggal masukkan adonannya, mesin akan bekerja mencetak kue menjadi beragam bentuk lucu dengan cepat.

Bukan hanya produk, perusahaan penyedia jasa pangan juga turut berpartisipasi di acara ini. Sebagian melakukan demo masak untuk menarik pengunjung. Selain itu, meski jumlahnya tak sebanyak partisipan yang bergerak di bidang pangan, adapula peserta dari perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan. Paling banyak menawarkan produk spring bed.

Di Food & Hotel Indonesia 2013, pengunjung tak hanya dapat melihat aneka produk pangan dan perhotelan. Mereka juga dapat menyaksikan para chef dan barista bertanding di kompetisi Salon Culinaire dan Indonesian Barista Competition.

Salon Culinaire yang digelar oleh Association of Culinary Professionals Indonesia kini memasuki penyelenggaraan kesembilan. "Kami berusaha membawa masakan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengadakan kelas-kelas pertandingan seperti Nusantara Lesehan dan Indonesian Rijstaffel," ujar Stefu Santoso, Ketua Panita Salon Culinaire 2013, dalam kata sambutannya.

Setelah melakukan eliminasi di lima kota besar di Indonesia, akhirnya tibalah grand final Indonesian Barista Competition di Jakarta. Nantinya pemenang 1, 2, dan 3 akan bertanding di tingkat internasional. "Tentu kita berharap agar salah satu wakil Indonesia bisa menjadi pemenang," kata Leman Pahlevi, ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia yang membawahi acara ini.

Ada total 45 negara yang berpartisipasi di Food & Hotel Indonesia ke-12 ini, di antaranya Taiwan, Turki, Australia, Thailand, Italia, dan Amerika Serikat. Acara ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

 

 

 

 

Sumber : http://food.detik.com