Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Apa sih crucible itu ?
 

70_70_688206_large.png

Apa sih crucible itu ?

Kamis, 23 Mei 2019

Secara garis besar  Crucible mengandung arti yaitu sebuah wadah yang dapat menahan suhu yang sangat tinggi dan digunakan untuk logam, kaca, dan produksi pigmen serta sejumlah proses laboratorium modern. Menurut sejarah crucible biasanya terbuat dari tanah liat, mereka dapat dibuat dari bahan yang tahan terhadap suhu cukup untuk melelehkan atau mengubah isinya tinggi.


 Crucible dan penutup biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu tinggi, misalnya porselen, alumina atau logam inert. Salah satu penggunaan awal platinum adalah untuk membuat crucible. Keramik seperti alumina, zirkonia, dan terutama magnesium akan mentolerir suhu tertinggi. Baru-baru ini, logam seperti nikel dan zirkonium telah digunakan. Tutup crucible biasanya longgar untuk memungkinkan gas menguap selama pemanasan di dalam sampel. Crucible dan tutup memiliki bentuk yang tinggi dan bentuk yang rendah dan dalam berbagai ukuran, tapi agak kecil 10-15 ml ukuran cawan lebur porselen biasanya digunakan untuk analisis gravimetri kimia.

Di bidang analisis kimia, cawan lebur digunakan dalam gravimetri analisis kimia kuantitatif (analisis dengan mengukur massa analit atau turunannya).

Cara Penggunaan Crucible sebagai berikut :


Sebuah residu atau endapan dalam metode analisis kimia dapat dikumpulkan atau disaring dari beberapa sampel atau solusi pada khusus "ashless" kertas saring. Crucible dan tutup yang akan digunakan adalah pra-ditimbang sangat akurat pada neraca analitik. Setelah beberapa kemungkinan mencuci dan / atau pra-pengeringan filtrat ini, residu pada kertas filter dapat ditempatkan dalam wadah dan menembak (dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi) sampai semua volatil dan kelembaban didorong keluar dari residu sampel di wadah. The "ashless" kertas saring benar-benar terbakar dalam proses ini. Wadah dengan sampel dan tutup dibiarkan dingin di dalam desikator. Wadah dan tutup dengan sampel dalam ditimbang sangat akurat lagi hanya setelah telah sepenuhnya didinginkan sampai suhu kamar (suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan arus udara di sekitar keseimbangan memberikan hasil yang tidak akurat). Massa kosong, pra-ditimbang wadah dan tutup dikurangi dari hasil ini untuk menghasilkan massa residu sepenuhnya kering dalam wadah tersebut.


Untuk hasil benar-benar akurat, wadah ditangani dengan penjepit bersih karena sidik jari dapat menambah massa weighable ke wadah tersebut. Cawan lebur porselen adalah higroskopis, i. e. mereka menyerap sedikit kelembaban weighable dari udara. Untuk alasan ini, krus porselen dan tutupnya juga pra-dipecat (pra-pemanasan sampai suhu tinggi) dengan massa konstan sebelum pra-beratnya. Ini menentukan massa wadah benar-benar kering dan tutupnya. Setidaknya dua pemecatan, coolings, dan penimbangan mengakibatkan persis massa yang sama diperlukan untuk mengkonfirmasi konstan (benar-benar kering) massa wadah dan tutup dan sama lagi untuk wadah, tutup, dan sampel residu dalam. Karena massa setiap wadah dan tutup berbeda, pre-firing/pre-weighing harus dilakukan untuk setiap wadah baru / tutup digunakan. Desikator berisi pengering untuk menyerap kelembaban dari dalam udara, sehingga udara di dalam akan benar-benar kering.

 

 

 

 

 

sumber: http://wikipedia.org