Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Mengukur Gas Karbon dioksida (CO2)
 

Data_Logger_HOBO_MX1101.jpg

Mengukur Gas Karbon dioksida (CO2)

Minggu, 6 Desember 2020

Saat Anda berada di dalam ruangan, pernahkah anda merasa sesak napas saat menghirup udara?

 

Jika di dalam ruangan yang terdapat banyak orang, misalnya ruangan kantor. kemungkinan di dalam ruangan tersebut terkumpul banyak gas karbon dioksida sehingga anda merasakan tidak nyaman hingga sulit bernapas. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan anda, karena tanpa oksigen kita tidak bisa bernapas.

 

Dampak Kesehatan Tubuh Terpapar Karbon Dioksida

Karbon dioksida yang terkumpul di dalam satu ruangan bisa memotong pasokan oksigen untuk bernafas. Faktanya kita semua menghadapi kondisi lingkungan pada tingkat rendah karbon dioksida,  dengan menghirup udara di luar atau dalam dan luar ruangan.

Paparan konsentrasi karbon dioksida tingkat tinggi bisa berakibat buruk. Kondisi itu bisa menyebabkan ketidaksadaran, kejang-kejang hingga kematian. Tingginya kadar karbon dioksida juga bisa merusak janin yang sedang berkembang.

Paparan konsentrasi karbon dioksida lebih rendah juga dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti : sakit kepala, pusing, gelisah, hiperventilasi, kerusakan penglihatan, kemacetan paru-paru, cedera sistem saraf pusat, dan masih banyak lagi.

Setiap orang dapat terpengaruh paparan karbon dioksida. Akan tetapi risiko kesehatan bisa lebih parah bagi orang yang hidup dengan penyakit jantung dan paru-paru. Jika Anda curiga terkena karbon dioksida, hubungi dokter atau petugas kesehatan Anda.

Cara menghindari atau mengurangi paparan karbon dioksida adalah dengan memeriksa jumlah karbon dioksida di area kerja. Pastikan ada ventilasi yang memadai di area kerja. Ini karena CO2 dapat meningkat dengan cepat di ruangan dengan ventilasi buruk.


Pertimbangkan untuk menggunakan alat atau sensor karbon dioksida untuk mengukur kadar CO2 di dalam ruangan  Anda. Pemantauan dan pengendalian tingkat CO2 pada ruangan tidak hanya penting untuk pertimbangan kesehatan tapi juga penting untuk keselamatan dan bahkan efisiensi energi.

 

Kita memerlukan perencanaan yang baik dalam penataan ruang yang baik. Pada kali ini, saya akan membahas aspek pendukung dalam penataan ruang yaitu degan alat Data Logger HOBO MX1101.


Data Logger HOBO MX1101 adalah alat yang berfungsi monitoring gas dalam suatu ruangan. Alat ini bisa anda gunakan dalam tracking suhu penyimpanan dalam gudang makanan, menjaga kadar kelembaban dalam museum, dan tentu juga dalam gedung perkantoran.

 

 

Cara kerja alat ini adalah merekam aktivitas temperatur suhu dan kelembaban pada suatu ruangan, kenapa merekam suhu itu penting bagi pelaku industri? karena biasanya dalam pelaku industri diperlu

kan suhu khas dalam nilai tertentu demi menjaga produktivitas ataupun objek yang terdapat dalam gudang penyimpanan.

Tidak seperti alat data logger yang lain, data logger ini mampu mengirimkan hasil perekaman suhu lewat jarak jauh sampai 100 kaki atau sekitar 30,48 meter. Hal ini adalah hal yang sangat menggembirakan untuk anda yanng ingin memiliki kemudahan dalam aktivitas monitoring suhu ruangan. Data logger MX1101 ini terhubung ke iOS tanpa memerlukan perangkat khusus. Merupakan kelebihan khusus dimana data logger ini mampu diletakan diruang yang mungkin sulit dijangkau ataupun dalam area yang aksesnya terbatas.

Data logger ini memiliki alarm yang mudah didengar jika ada masalah yang terjadi. Misal, jika suhu naik ke titik dimana peralatan overheating terjadi, atau jika kondisi kelembaban mencapai titik melebih batas maka alarm akan berbunyi sehingga pengguna dapat melakukan tindakan secepatnya.

 

Butuh alat / sensor untuk mengukur kadar co2?

 

Disini tempatnya, ayo segera dapatkan Data logger MX1101 sebagai aspek pendukung untuk membuat tata ruang yang baik dan menghindari dampak negatif karbon dioksida.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit - Jakarta Timur 13440
Phone : (021) 8690 6782 - 8690 6783
Fax : (021) 8690 6781 | Pin BB : 226D32CC
E-mail : sales@alatlabor.com
Website : http://www.alatlabor.com