Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Apa Itu Buret Kimia?
 

buret1.jpg

Apa Itu Buret Kimia?

Senin, 10 Agustus 2020

Apa Itu Buret Kimia Dan Bagaimana Menggunakannya?   

 


Umumnya memindahkan cairan kimia menggunakan pipet sedangkan buret digunakan untuk pemindahan cairan dengan teknik titrasi dalam proses titrasi biasanya buret diposisikan berdiri dengan ring stand sehingga pengguna bisa mengontrol kran, dan mencampur larutan.
Buret kimia adalah alat lab yang terbuat dari kaca, berfungsi memindahkan cairan kimia dalam ukuran volume tertentu. Buret berbentuk tabung atau silinder yang lurus dan panjang, bagian ujung bawah yang meruncing dilengkapi dengan kran yang mengendalikan intensitas tetesan cairan yang akan dipindahkan.

 

Bagian sisi tabung buret dilengkapi dengan garis-garis untuk menghitung volume cairan. Buret memiliki tingkat akurasi yang tinggi di mana buret kimia kelas A memiliki tingkat akurasi hingga 0,05 cm3.

 

Berdasarkan dengan jenisnya, buret kimia dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Buret makro : kapasitas 0,1 ml – 50 ml
  • Buret semimikro : kapasitas 0,05 ml – 25 ml
  • Buret mikro : kapasitas 0,02 ml – 10 ml, dan 0,01 – 5 ml.

 

Cara membaca buret kimia yang benar


Ketika membaca ukuran di garis meniskus pandangan mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan. Salah satu hambatan dalam pembacaan buret adalah objek dilatar bekarang, ada baiknya untuk membaca buret menggunakan kartu karena objek di latar belakang buret yang bisa memengaruhi akurasi 

 

Ambil kartu atau kertas putih dan gambar sebidang area dengan warna hitam, warna garis tidak selalu hitam, jika buret memiliki garis warna selain merah maka maka gunakan kartu atau kertas dengan warna yang kontras dengan warna garis. Tempatkan kartu di belakang buret kimia sehingga pembacaan tidak terganggu dengan objek acak yang bisa mengalihkan pembacaan yang akurat.

 

Membersihkan buret kimia agar selalu akurat


  • Setelah selesai menggunakan buret kimia, buang cairan sisanya dan bersihkan tabung buret menggunakan pencuci lalu bilas menggunakan air suling, kemudian copot krannya.
  • Jika buret digunakan untuk titrasi cairan bersifat alkali / basa dibersihkan karena cairan tersebut karena bisa menyebabkan beku pada tutup kran.
  • Konsisten dibersihkan dari waktu ke waktu agar proses titrasi volume tetesan yang keluar lancar, karena seiring dengan pemakaian buret kimia akan terkumpul kotoran pada bagian ujung buret 
  • Cara membersihkan kotoran padat bisa dengan kawat kecil yang dimasukkan ke dalam tabung. Sebelumnya sebaiknya kran pada buret dilepas terlebih dahulu.
  • Gelembung udara bisa mengurangi tingkat akurasi pembacaan ukuran maka bersihkan gelembung udara yang biasanya ada di sekitar kran ini adalah dengan memasukkan cairan titran ke dalam buret lalu buka kran sampai penuh.
  • Bisa juga dengan memasukkan ujung buret ke dalam gelas kimia berisi titran, pasang filler atau bulb pada ujung atas buret lalu sedot sambil dibuka kran buretnya. Gelembung udara yang ada pada kran akan naik ke atas tanpa ada udara lagi yang masuk ke dalam buret.

 

 

Itulah pengertian buret kimi, cara menggunakan dan cara perawatannya, buret adalah peralatan kacayang sangat sensitif jadi kita harus benar dalam menggunakandan perawatannya, sekian dari artikel diatas semoga menambah ilmu dan wawasan Kita.

 

 

Butuh buret berkualitas dan terjangkau?

 

Disini tempatnya, ayo hubungi segera dan dapatkan penawaran menarik dari Kami.

 

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : +62 816-1740-8900 / +62 821-1076-5187
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id