Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Jenis - Jenis Oven Laboratorium Lengkap
 

Jenis_-_Jenis_Oven_Laboratorium.jpg

Jenis - Jenis Oven Laboratorium Lengkap

Kamis, 3 Desember 2020

 

 

 

Oven Laboratorium adalah alat yang berfungsi untuk melakukan sterilisasi. Tidak seperti autoklaf, oven tidak menggunakan panas uap air untuk melakukan sterilisasi.

 

Oven mampu mensterilkan barang-barang dengan aliran udara panas. Aliran udara panas dihasilkan secara elektrik. Barang-barang yang disterilkan oleh oven umumnya adalah alat glassware seperti : cawan petri, labu erlenmeyer, pipet, dan objek metal (Collins & Lyne, 2004: 45).

 

Kelemahan dari proses sterilisasi menggunakan oven yaitu waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya, waktu ini berkisar sekitar dua jam. Temperatur yang wajib di atur untuk sterilisasi yaitu sekitar 160-170 °C. Jika lebih dari 180 °C, barang yang akan diproses untu disterilkan akan menjadi rusak/gosong (Harley & Prescott, 2002).

 

JENIS - JENIS OVEN LABORATORIUM


Jenis - jenis oven laboratorium sangat banyak. Jika ingin membeli oven laboratorium, anda harus mengenali dahulu jenis - jenis oven laboratorium. Oven umumnya digunakan untuk tujuan umum atau yang lebih spesifik.

 

Setiap alat laboratorium seperti oven dilengkapi dengan fitur yang dapat memenuhi kebanyakan kebutuhan pembeli,  jika ada institusi yang menginginkan fitur diluar spesifikasi, maka dia perlu membayar biaya ekstra atas fitur tambahan tersebut.

 

Berdasarkan fitur yang ada pada oven, ada beberapa jenis oven diantaranya :


1. Gravity Oven


Gravity Oven adalah oven konveksi gravitasi berfungsi untuk keperluan industri seperti pengeringan dan pemanggangan.


Gravity Oven dirancang untuk aplikasi yang membutuhkan lebih sedikit keseragaman suhu dibandingkan jenis oven konveksi mekanis lainnya.

 

Setiap model oven gravitasi menghasilkan pasokan konveksi udara alami yang unik melalui rak baja stainless berlubang untuk mencapai keseragaman suhu tanpa blower.

 

Gravity Oven memiliki kesamaan hampir mendekati dengan : High-temperature, Vacuum Oven, Gravity atau Mechanical Convection Oven.

 

2. Forced Convection Oven


Forced Convection oven laboratroium adalah salah satu alat laboratorium yang berfungsi melakukan sterilisasi. Oven ini dapat mensterilkan barang-barang dengan memanfaatkan aliran udara panas. Aliran udara panas tersebut didapatkan secara elektrik.

 

Barang-barang yang disterilkan oleh oven antara lain cawan petri, labu erlenmeyer, pipet, dan objek metal . Suhu oven lebih rendah dibandingkan dengan suhu Furnace yaitu berkisar antara 250ºC.

 

3. Vacuum Oven


Jenis oven ini cocok untuk bahan yang memerlukan atmosfer inert. Oven pengeringan vakum sering digunakan untuk proses pengeringan yang halus, seperti : mengeringkan bagian-bagian kecil atau membuang pelarut yang mudah terbakar.

 

Lingkungan bertekanan rendah juga meminimalkan oksidasi selama pengeringan. Oven vakum standar dapat beroperasi pada suhu setinggi 200C hingga 250C.

 

4. Microwave Oven Labboratorium


Microwave oven merupakan salah satu alat yang untuk keperluan sterilisasi. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga menghasilkan panas yang lebih merata.

 

5. Universal Drying Oven


Jenis oven ini juga umum dikenal dengan nama moisture extraction oven yang digunakan untuk pengeringan cepat. Jenis oven ini berbeda dengan drying cabinet.

 

Butuh Oven Laboratorium Berkualitas Dengan Harga Ternjangkau?

Hubungi Kontak Kami Segera.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit - Jakarta Timur 13440
Phone : (021) 8690 6782 - 8690 6783
Fax : (021) 8690 6781 | Pin BB : 226D32CC
E-mail : sales@alatlabor.com
Website : http://www.alatlabor.com