Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Apa Itu Virus?
 

virus.jpg

Apa Itu Virus?

Senin, 10 Agustus 2020

 

 

Virus adalah jenis kehidupan  parasit yang  sangat kecil atau mikroskopik. Virus dapat hidup dengan cara masuk ke dalam tubuh makhluk lain atau menginveksi sel organisme biologis lainnya dan virus memiliki beberapa ciri yang sama seperti makhluk hidup umumnya (DNA dan berkembang biak).

 

 

Virus tidak memiliki protoplasma tapi hidup virus seperti peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Pada dasarnya virus merupakan materi genetik dimana ia dikelilingi oleh suatu protein yang membutuhkan inang agar dapat hidup dan bereproduksi, ini lah yang membuat virus masuk ke jenis parasit obligasi.

 

 

Virus hanya memiliki satu macam asat nukleat yakni DNA atau RNA dan dikelilingi oleh protein, lipid serta glikoprotein yang bertugas sebagai pelindung.

 

 

Pengertian  virus sendiri berasal dari bahasa latin yakni virion yaitu racun, dan virus sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil yang membuat virus termasuk ke dalam organisasi subseluler dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan bantuan alat seperti mikroskop dan mikroskop elektron.

 

 

Butuh Mikroskop Berkualitas Dengan Harga Terjangkau? Silahkan Hubungi Kontak Kami.

 

 

Struktur Virus

 

Virus yang berukuran yang sangat kecil terdiri dari bahan inti asam nukleat yakni deoksiribonucleic acid (DNA) atau ribonucleid acid (RNA) yang terbungkus di dalam lapisan pelindung dan tersusun dari molekul protein yang biasa disebut dengan kapsid.

 

Pada setiap subunit yang menyusun kapsid ini biasanya disebut dengan kapsomer yang memiliki bentuk batang atau heliks, atau dianggap memiliki bentuk yang lebih kompleks dan ditemukan pada bakteriofag atau fage yang merupakan virus yang menginfeksi bakteri.

 

 

Contoh : Bakteri Escherichia coli yang hidup di dalam usus besar manusia, dan fage yang artinya perukan atau pemakan yang memiliki bentuk seperti huruf  T dan pada kapsidnya terdapat kepala yang melindungi DNA.

 

 

Bagian  kepala terdapat ekor protein yang melekat dengan serabut serabutnya yang biasanya digunakan oleh virus jenis fage ini untuk dapat menempel di dinding sel bakteri.

 

 

Virus memiliki kandungan asam nukleat yakni yang biasa disebut dengan DNA atau RNA dan tidak pernah diketahui mempunyai kombinasi keduanya. Asam nukleat pada virus memiliki fungsi sebagai gen atau bahan genetik yang isinya mengenai kode kode pembawa sifat.

 

 

Virus paling kecil yang hanya memiliki 4 gen dan juga paling besar dapat mempunyai ratusan gen, kumpulan dari virus gen ini disebut dengan genom yang mungkin saja terdiri dari DNA untai ganda, DNA untai tunggal, RNA undai ganda hingga RNA untai tunggal. Dan hal ini biasa tergantung pada asam nukleat yang menjadi penyusun dari genomnya.

 

 

Jika dilihat dari inti kandungannya, virus bisa dibedakan menjadi virus DNA dan virus RNA.

 

 

Sifat – Sifat Yang Dimiliki Virus


Sama seperti makhluk hidup yang lain, virus juga memiliki ciri ciri yang membedakannya dengan makhluk hidup yang lain. Sejak awal dibahas, pastinya sahabat biologi tahu jika virus memiliki ciri ciri yang unik dan menarik sehingga dari sekali lihat saja virus bisa dibedakan dari makhluk hidup lain yang ada di bumi ini.

 

  1. Virus hanya mempunyai satu macam asam nukleat yakni DNA atau RNA yang diselubungi dengan protein.
  2. Virus memiliki ukuran yang amat sangat kecil dan ukurannya dihitung dalam bentuk milikron dengan ukuran ini membuat virus tak bisa dilihat dengan mata telanjang dan hanya bisa dilihat dengan bantuan alat seperti mikroskop elektron.
  3. Karena virus bukanlah sel maka virus tidak mempunyai sitoplasma, membran sel hingga inti sel.
  4. Karena tidak dapat hidup sendiri maka virus membutuhkan organisme hidup lain untuk dapat bertahan hidup.

 

Nah, itu dia struktur dan ciri dan sifat virus, semoga bermanfaat.

Sumber : https://ekosistem.co.id

 

 

Butuh Mikroskop Berkualitas Dengan Harga Terjangkau? Silahkan Hubungi Kontak Kami.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit - Jakarta Timur 13440
Phone : (021) 8690 6782 - 8690 6783
Fax : (021) 8690 6781 | Pin BB : 226D32CC
E-mail : sales@alatlabor.com
Website : http://www.alatlabor.com