Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi Weather Station Dalam Dunia Penerbangan
 

Fungsi_Informasi_Cuaca_Dalam_Dunia_Penerbangan_-_Alatlaborcom1.jpg

Fungsi Weather Station Dalam Dunia Penerbangan

Jum'at, 22 November 2019

 

Alatlabor.com - Sudah punya pengalaman naik pesawat atau malah Kamu yang jadi pilotnya? ya pesawat merupakan salah satu bentuk transportasi yang sangat populer digunakan banyak orang terlebih lagi untuk berpergian jauh ke dalam atau luar negeri dalam waktu yang sesingkat - singkatnya, sederhananya pesawat adalah transportasi yang menawarkan layanan cepat, nyaman dan mudah tapi apa kamu tau jika pesawat butuh banyak persiapan untuk sekali lepas landasnya?

 

Persiapan yang cukup penting dan dibutuhkan pesawat sebelum lepas landas adalah dengan menerka/memprakirakan cuaca yang ada atau sedang terjadi, sebelum itu kita akan bahas mengenai cuaca sedikit. Sederhanannya cuaca adalah suatu keadaan atmosfir atau udara pada suatu tempat tertentu dan dalam waktu tertentu, biasanya keadaan ini dipengaruhi oleh suhu udara, sinar matahari, angin, hujan, dan kondisi udara lainnya.

 

Baca juga :

Apa sangkut pautnya cuaca dengan penerbangan pesawat?

 

Sebenarnya bukan hanya bandara/dunia penerbangan saja yang membutuhkan data prakiraan cuaca hampir setiap hari di media sosial atau elektronik, hingga sampai  ke gajet di tangan kita informasi prakiraan cuaca adalah satu topik yang paling sering dibahas masyarakat. 

 

Dikutip dari Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Iskandar Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Ria Rosanti Sabtu (3/6/2017) menjelaskan bahwa pihak operator penerbangan selalu menggunakan informasi prakiraan cuaca untuk mengambil keputusan pesawat berangkat atau tidak.

 

"Tidak sampai disitu saja, akan tetapi informasi prakiraan cuaca  dibutuhkan dari  pesawat masih mengudara hingga mendarat dibandara tujuan karena dari pengalaman kasus Air Asia, ada laporan informasi cuaca yang harusnya sudah diketahui sebelum pesawat lepas landas agar pilot mengetahui perkembangan kondisi cuaca di sepanjang perjalanan dan kondisi cuaca ditempat tujuan."

 

Menurutnya ada beberapa unsur dari informasi cuaca yang diperlukan pihak penerbangan untuk mengambil keputusan.

 

"Di antaranya berupa  informasi angin untuk menentukan darimana sudut pesawat akan take off dan landing, karena pesawat yang akan melakukan take off dan landing harus melawan arah datangnya angin. Informasi jarak pandang atau visibility sangat penting juga  untuk menentukan posisi runway yang akan digunakan".

 

Bukan hanya itu saja, keadaan cuaca saat penerbangan digunakan untuk kegiatan take off dan landing.

 

"Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan harus segera dilaporkan secara teliti. Bahkan perubahan Kondisi awan pun sangat diperlukan, apakah akan muncul awan konvektif seperti awan kumulonimbus.

 

Suhu udara bisa menjadi satu hal yang dipertitungkan dalam dunia penerbangan. Hal ini terkait dengan pemuaian.

 

Taukah Anda?


Suhu udara yang tinggi bisa  mengakibatkan udara renggang sehingga membuat pesawat memerlukan daya angkat yang lebih tinggi karena hal itu penggunaan bahan bakar akan meningkat. Tetapi pada saat suhu udara rendah, udara menjadi lebih rapat dan daya angkat udara bertambah, sehingga akan mengurangi penggunaan bahan bakar untuk pesawat terbang.

 

Tekanan udara juga berkaitan terhadap suhu. Karena besarnya tekanan berbanding terbalik terhadap suhu. Kesalahan pembacaan tekanan bisa  menyebabkan kesalahaan pada pengaturan altimeter pesawat.

 

Nah itulah beberapa pengaruh cuaca terhadap dunia penerbangan, ternyata cuaca sangat berpengaruh besar terhadap pesawat maka prakiraan cuaca itu sangat perlu dalam dunia penerbangan, untuk menunjang proses prakiraan cuaca maka diperlukan peralatan yang memadai pula.

 

Apakah ada alat untuk mengukur cuaca atau memprediksi cuaca?


Alat tersebut bernama Weather Station, apa itu Weather Station? Weather Station adalah seperangkat alat khusus dari brand HOBO untuk mengukur dan memprakirakan cuaca secara berkala dan akurat, alat ini terdiri dari beberapa alat yang memiliki fitur :

  • HOBO U30 NRC data logger with 10 inputs (U30-NRC-000-10-S100-000 )
  • 5W Solar Panel - SOLAR-5W
  • Temperature/RH Smart Sensor with 2-meter cable - S-THB-M002
  • Wind Speed Smart Sensor with 3-meter cable - S-WSB-M003
  • Wind Direction Smart Sensor with 3-meter cable - S-WDA-M003
  • Full Crossarm for Wind Speed/Direction sensors - M-CAA
  • Solar Radiation Shield for Temperature & RH sensor - RS3-B

 

Nah untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kontak kami dibawah ini untuk bertanya tentang spesifikasi dan pemesanan.

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id
Atau bisa klik link dibawah ini untuk menghubungi sales Kami terkait pertanyaan Anda.
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281617408900