Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Water Quality Monitoring dengan HOBO U24-001
 

HOBO-Conductivity-Data-Logger-U24-001.jpg

Water Quality Monitoring dengan HOBO U24-001

Jum'at, 19 April 2019

 

Kualitas air sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena kualitas air menentukan kesehatan atau penggunaan air bagi manusia. Kualitas air memiliki makna suatu ukuran dari kondisi air yang dilihat berdasarkan karakteristik fisik, biologis, dan kimiawi. Kualitas air menentukan tingkat relatif kondisi air terhadap kebutuhan biota air dan manusia. Kualitas air menentukan standar kesehatan ekosistem air dan manusia (dalam bentuk air minum).

 

Data ilmiah dijadikan sebagai standar dalam berberapa lembaga negara dunia serta dalam keperluan tertentu. Kondisi air dapat bervariasi tergantung dari kondisi lingkungan sekitar dan kondisi ekologi setempat juga berhubungan dengan kualitas air dalam subjek yang sangat kompleks pada ilmu lingkungan.

 

 

Kualitas air minum memiliki berberapa standar seperti air minum harus memiliki kadar atau kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi. Hal ini dikarenakan air minum yang memiliki kadar atau kandungan natrium yang tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan. Selain itu, kandungan kalsium dan magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kualitas air minum dapat diketahui dengan melakukan pengamatan (monitoring) atau penelitian.

 

Kualitas air mempunyai berberapa indikator seperti Alkalinitas, Warna Air, Rasa, Bau, Garam, logam, senyawa organik, unsur radioaktif, pH, Mikroorganisme. Dan kualitas air dapat di cek dengan menggunakan alat-alat pengamatan. Di pasaran sudah banyak sekali alat-alat yang dapat digunakan untuk mengecek kualitas air, namun alat-alat tersebut hanya dapat mengecek air dengan kedalaman rendah. Bagaimana jika kedalaman air yang ingin dicek begitu dalam? Oleh karena itulah, terciptalah solusi yang disebut dengan Water Level Logger.

 

Water Level adalah alat yang memiliki fungsi untuk mengukur berbagai kondisi lingkungan air, mulai dari kedalaman, tekanan, kualitas air, zat kimia, hingga polusi air. Pada water level sederhana, water level digunakan untuk mengukur ketinggian air. Pada water level saat ini, dapat digunakan untuk mengecek kondisi air sekaligus. Water level logger mempunyai cara kerja dimasukkan kedalam air, kemudian water level akan mengecek kondisi air dengan menggunakan sensor yang ada didalamnya. Water level selanjutnya dapat mengambil data dari sensor dan kemudian menyimpannya didalam logger, selain disimpan data dapat juga dipantau langsung melalui aplikasi web dan smartphone.

 

Hasil pemantauan dapat dilihat dengan metode grafik sehingga bisa dilihat perkembangannnya secara akurat. Dan water level dapat dioperasikan dalam waktu yang lama sehingga cocok untuk pengukuran atau pengamatan jangka panjang. Salah satu water level untuk monitoring kualitas air (Water Quality Monitoring) adalah Fresh Water Conductivity Data Logger- HOBO - U24-001.

 

HOBO - U24-001 dapat digunakan untuk memantau air tawar pada mata air, danau, sungai dan sumber air lainnya. HOBO - U24-001 dapat digunakan untuk pencarian mata air minum, pertanian, irigasi dan sebagainya. Water level U24-001 mampu menyediakan data offload dengan kecepatan tinggi serta dapat diandalkan dalam lingkungan basah. 

 

Logger data konduktivitas tinggi ini adalah cara yang hemat biaya untuk mengumpulkan data kualitas air. HOBO U24 mengukur dan mencatat konduktivitas dan suhu di aliran, danau, dan sumber air tawar lainnya. Logger ini direkomendasikan untuk memantau akuifer untuk intrusi air asin dan limpasan jalan dan pertanian. Akses terbuka produk ini ke sensornya menyederhanakan pembersihan dan pemeliharaan. Sensor non-kontak HOBO U24 meminimalkan kesalahan pengukuran terkait dengan penyimpangan. Selain itu, logger fitur kompensasi drift berbasis perangkat lunak.

 

Logger data HOBO U24 Conductivity dilengkapi sensor non-kontak dengan lapisan Titanium Pentoxide. Lapisan ini mencegah sensor dari kontak dengan air, yang pada gilirannya mencegah tarnishing atau korosi yang terkait dengan sensor elektroda tradisional. Lapisan sensor ini juga lembam, memungkinkan pengotoran dengan mudah disapu sensor.

 

Fitur

  • Sensor non-kontak memberikan masa pakai yang lama dan lebih sedikit penyimpangan pengukuran     
  • Memberikan akses mudah ke sensor untuk membersihkan dan menumpahkan gelembung udara     
  • Perangkat lunak HOBOware Pro memungkinkan kalibrasi titik awal / akhir untuk mengkompensasi setiap pelanggaran dan memberikan konversi yang mudah ke konduktansi dan salinitas spesifik     
  • Antarmuka optik USB memberikan kecepatan data yang tinggi dan andal dalam lingkungan basah   
  • Kompatibel dengan Shuttle Tahan Air HOBO untuk pengambilan dan transportasi data yang mudah dan terpantau

 

Jika Anda tertarik dengan alat ini atau membutuhkan alat laboratorium lainnya bisa hubungi kontak kami dibawah ini.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id