Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara menyimpan Mikroskop dengan benar
 

bagian-bagian-mikroskop2.jpg

Cara menyimpan Mikroskop dengan benar

Rabu, 14 November 2018

 

Cara Merawat Mikroskop Dengan Benar – Umunya mayoritas siswa dan siswa tingkat Smp-Sma pasti sudah mengenal mikroskop, tapi masih bnayk dari kita yang menemukan bahwa mikroskop yang ada disekolah – sekolah cepat sekali rusaknya.

 

Penyebab rusaknya mikroskop itu umumnya dalah tata cara yang salah dalam penyimpanannya oleh karena itu saya akan membahas beberapa cara menyimpan mikroskop yang baik dan benar, berikut caranya.

 

Berikut adalah cara merawat dan menyimpan mikroskop dengan benar.

 

1. Simpan Mikroskop didalam lemari khusus

Sediakan lemari khusus untuk mikroskop, hal itu karena mikroskop sangat rentan terhadap kelembaban udara yang tinggi dan debu juga. Usahakan lemari itu memang khusus untuk menyimpan  mikroskop  dan juga hindari mikroskop dari kontaminasi zat , seperti kontaminasi zat asam yang akan menyebabkan kerusakan.

 

2. Tutup Mikrokop dengan plastik

Karena Mikroskop rentan terhadap debu maka untuk melindungi mikroskop dari debu tutuplah mikroskop dengan penutup plastic , untuk penutupnya sendiri bisa menggunakan plastic silicon atau bisa juga menggunakan tutup bawaan saat pertama kali beli, jika tutup itu tidak ada kita juga bisa menggunakan plastik wadah kertas yang berukuran HVS 4A atau bahan lainnya. Usahakan menggunakan plastic bening agar mikroskop tetap terkena cahaya.

 

3. Jaga kelembaban udara didalam lemari penyimpanan

Kelembaban lemari mikroskop harus dijaga juga, kita bisa menggunakan  lampu dan silica gel untuk solusi mempertahankan kondisi kelembaban, untuk bisa mengukur kelembaban kita bisa menggunakan hygrometer untuk mengetahui kelembaban  suatu tempat dan intensitas kelembaban pada lemari mikroskop tidak lebih dari 80%, penggunaan lampu pijar berfungsi juga untuk menaikan suhu ruangan  sehingga tingkat kelembaban akan  berkurang.

 

4. Jauhkan Mikroskop dari bahan kimia

Mikroskop tidak diperkenankan ditematkan dalam satu wadah yang sama ataupun berdekatan dengan bahan kimia karena hal itu akan berdampak pada keawetan mikroskop itu sendiri. Bahan kimia bisa menyebabkan  korosif, membuat lensa berjamur, menimbulkan cairan aneh yang akan merusak mekanisme mikrosop, hal itu yang haris kita jauhi sebisa mungkin.

 

5. Dikembalikan setelah dipakai

Setelah selesai menggunakan mikroskop kita sering kali lupa untuk mengembalikannya ke lemari khusus atau menyimpannya lagi. Karena hal itu banyak mikroskop yang terlantar dan menjadi rusak, usahakan untuk dibersihkan setelah menggunakannya lalu didimpan kembali agar mikroskop lebih awet dan terjaga fungsinya.

 

Sekian dari artikel di atas semoga dapat membantu menambah pengetahuan Anda dan jika Anda membutuhkan mikroskop dan alat lab yang lain silahkan hubungi kami disini.

  • Addres : Jl.Radin Inten II No.61 A, Duren Sawit, Jakarta Timur
  • E-mail: sales@anm.com
  • Phone: 021 8690 6782
  • Fax: 021 8690 6781

 

Tags :bagaimana cara menyimpan mikroskop di laboratorium, apakah keterbatasan pada metode ilmiah, cara mengambil bahan kimia yang berbentuk serbuk, apa keterbatasan metode ilmiah, apakah fungsi labu ukur sebutkan ukuran ukuran labu ukur, pertolongan apa yang harus diberikan jika terjadi luka bakar akibat zat kimia asam, cara membersihkan bilik hitung, zat kimia yang berbentuk serbuk dapat diambil dengan menggunakan sendok logam