Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi Gas Permeability Tester
 

differential_pressure_method.jpg

Fungsi Gas Permeability Tester

Sabtu, 24 Februari 2018

 

Fungsi Gas Permeability Tester - Pengemasan adalah cara untuk memberikan sebuah kondisi yang tepat bagi bahan pangan, pengemasan ini dilakukan untuk mencegah proses kimia atau pembusukkan dalam kurun waktu tertentu. Kerusakan yang terjadi karena factor lingkungan luar dapat diatasi dengan cara pengemasan yang benar.

 

Salah satu kerusakan itu adalah absorbs uap air dan gas, oksidasi oksigen dan kehilangan  juga penambahan cita rasa yang tak di perlukan, Salah satu bahan pengemasan yang banyak digunakan adalah plastic. Penggunaan plastic sebagai bahan pengemasan memiliki bnyak keunggulan disbanding bahan lain, yaitu karena sifat plastic yang ringan, transparan, termplastis, selektif dan juga kuat dalam proses permebilitasnya kepada uap air, O2 dan Co2.

 

Sifat permeabilitas plastik dapat membuat plastik berperan untuk mengubah atau memodifikasi ruang dalam kemas saat penyimpanan, plastik adalah jenis bahan yang sangat mudah di kreasikan yang  dapat menarik selera konsumen. Permebilitas pada suatu bahan kemasan plastic atau film yaitu kemampuan untuk melewatkan partikel gas dan uap air pada suatu unit atau luasan bahan pada suatu keadaan.

 

Permeabilitas uap air adalah ukuran kerentanan suatu bahan  saat terjadinya proses penetrasi air.  Pada permeabilitas uap air suatu produk kemasan, yang akan didefinisikan dalam posisi laju kecepatan atau transmisi uap air, dimana uap itu akan melalui unit luasan bahan yang permukaannya rata dengan ketebalan tertentu, akibatnya suatu perbedaan unit akan tekanan uap antara dua permukaan pada kondisi suhu dan kelembaban tertentu. Sedangkan permeabilitas film kemasan terhadap gas-gas, penting diketahui terutama gas oksigen karena berhubungan dengan sifat  bahan  dikemas yang masih melakukan respirasi.

 

Bagaimana jika bahan kemasan itu rusak atau hilang?

Bagaimana jika kualitas dari bahan kemasan itu kurang baik?


Tentunya hal itu akan membuat isi dari kemasan tersebut akan rusak sehingga akan merubah cita rasa, bentuk dan juga bau dari makanan itu sendiri. Jadi kita harus tau bagaimana cara mengecek kualitas bahan kemasan, seiring berjalannya waktu dan kemajuan zaman telah dibuat alat khusus untuk mendeteksi kerusaka pada bahan kemasan dan juga dapat dijadikan alat untuk pengujian kualitas bahan kemasan, alat untuk menguji bahan kemasan dan kadar gas dalam kemasan adalah Gas Permeabilitas Tester.


Gas Permeabilitas Tester berfungsi untuk menguji laju transmisi gas (GTR) bahan kemasan dengan metode tekanan diferensial. Ini bisa digunakan untuk menguji O2, CO2, dan N2, laju transmisi gas. Gas Permeabilitas Tester banyak digunakan di industri makanan, industri farmasi, industri bahan kemasan fleksibel kosmetik untuk pengujian permeabilitas gas film plastik, film komposit, bahan penghalang, lembaran, aluminium foil logam, lembaran tipis, karet, porselen, kantong infus, solar panel, lembaran PVC atau patch medis. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengukur permeabilitas gas melalui wadah jadi dengan adaptor opsional untuk botol, tas, kantong, mangkuk, kotak, kaleng, dll berdasarkan ukuran dan bentuknya.

 

Metode Uji Standar ASTM D1434 untuk Menentukan Karakteristik Permeabilitas Gas Film Plastik dan Terpal, mencakup perkiraan laju transmisi gas dalam keadaan mapan melalui plastik, lembaran, laminasi, dan kertas berlapis plastik atau kain. Metode uji ini memberikan penentuan (1) laju transmisi gas (GTR), (2) permeabilitas, dan, dalam kasus bahan homogen, (3) permeabilitas.

 

fitur

  • Teknologi kontrol suhu elektromagnetik yang canggih, program terkontrol, presisi 0,01 ℃.
  • Beragam aplikasi - Dapat menguji material penghalang tinggi seperti aluminium foil, keramik dll dan bahan penghalang rendah seperti film plastik.
  • Komponen unggulan, hasil uji yang akurat, stabilitas hasil yang tinggi;
  • Kontrol tekanan otomatis dan desain bebas perawatan membuatnya mudah dioperasikan dan user friendly.
  • Desain ruang dan aliran gas yang unik, sensor khusus, presisi tinggi dan stabilitas.
  • Built-in sistem kontrol ARM canggih, mesin bisa berjalan tanpa komputer.
  • Sentuh layar kontrol
  • Berlaku untuk material penghalang tinggi dan material penghalang rendah; dapat digunakan untuk menguji aluminium foil.
  • Tampilan real time tingkat transmisi, tekanan, perbedaan tekanan dan suhu.
  • Antarmuka perangkat lunak sederhana, mudah digunakan, data dan laporan disimpan secara otomatis, grafik bisa dicetak.
  • Beberapa perlindungan keselamatan termasuk perlindungan tekanan.
  • Kalibrasi kalibrasi dan kalibrasi tekanan standar.
  • Penyegelan hermetis yang sangat baik dari ruang uji, mesin mampu menguji keramik dan porselen.

 

Prinsip bekerja

Metode tekanan diferensial. Sampel uji dipasang di tengah ruang uji untuk memisahkan ruang ke ruang atas dan ruang bawah, di antaranya membuat perbedaan tekanan konstan. Tekanan awal untuk ruangan atas dan bawah masing-masing 100Kpa dan 10Pa. Molekul gas akan menembus melalui sampel dari ruang tekanan yang lebih tinggi ke ruang bertekanan rendah. Permeabilitas gas diukur dengan mendeteksi perubahan tekanan pada ruang bertekanan rendah dan menghitung laju transmisi gas.

 

Sekian artikel diatas semoga bergunaa untuk Anda, jika Anda ingin membeli gas permeability tester hubungi kami dinisi ya.

  • Office : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Telp : 021-8690-6782
  • Fax : 021-8690-6781
  • Phone : 0816-1740-8900
  • Email : sales@anm.co.id

 

Tags :  VAC-V1 Gas Permeability TesterVAC-VBS Gas Permeability TesterG2/130 Container Gas Permeability TesterOR2/410 Organic Gas Transmission Rate Test SystemC230 Oxygen Transmission Rate Test SystemW3/031 Water Vapor Transmission Rate Tester