Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara menggunakan Tabung Reaksi
 

1146922_23b5a0ef-c3e8-45b3-95c7-487125a2e886.jpg

Cara menggunakan Tabung Reaksi

Kamis, 19 Juli 2018

 

Tabung reaksi - Tabung Reaksi memiliki nama lain Test Tube atau disebut juga dengan  culture tube. Culture Tube ini adalah tabung reaksi yang dibuat tanpa bibir/cekungan di atas lehernya, umumnya model Culture Tube digunakan sebagai wadah pembiakan mikroorganisme dalam medium cair.

Tabung Reaksi dibuat dari bahan plastik atau kaca, Tabung Reaksi mampu bertahan dari  perubahan  drastis temperatur  atau suhu dan tahan terhadap reaksi kimia karena beberapa proses reaksi kimia melalui proses yang membutuhkan panas. Beberapa macam reaksi yang biasanya menggunakan tabung ini adalah reaksi oksidasi / reaksi reduksi.Tabung Reaksi juga dibuat dengan tutup atau tanpa tutup. Tabung Reaksi terdiri dari berbagai ukuran yang bergantung pada kebutuhan pengguna.

 

Fungsi tabung reaksi Antara lain adalah:

  • Tempat mereaksikan zat kimia
  • Tempat melakukan percobaan reaksi kimia dalam skala kecil
  • Tempat perkembangbiakan untuk mikroba dalam media cair

Tabung reaksi dibuat dan mempunyai variasi ukuran dari segi panjang dan segi diameternya, maka dari itu kita harud mengetahui tujuan kita membeli tabung reaksi untuk kegiatan seperti apa.

 

Berikut beberapa varian dari panjang dan diamaeter tabung reaksi yaitu ;

Panjang : 23 ; 12 ; 14 ; 22 ; 15 ; 16 ; 11 centimeter.

Diameternya bervariasi dari 2.2 ; 1 ; 1.2 ; 1.9 ; 1.6 centimeter.

Selain ukuran tersebut, tabung reksi terdapat 2 macam yaitu yang dilengkapi tutup dan tidak dilengkapi dengan tutup. Dalam melakukan pekerjaan di laboratorium kimia  penggunaan tabung reaksi kita barengi dengan rak tabung reaksi dan juga penjepit, agar mempermudah penggunaanya.

 

Beginilah cara menggunakan tabung rekasi yang baik dan benar ;

Pada saat proses pemanasan bahan kimia menggunakan tabung reaksi umumnya terdapat ada 2 cara yaitu:

1. Tabung reaksi ini dipangaskan dahulu ke dalam gelas kimia yang berisi air dan selanjutnya dipanaskan menggunakan kompor/heater pembakar spiritus

2. Memegang Tabung reaksi harus dijepit oleh penjepit tabung reaksi atau kita menggunakan sarung tangan anti panas agar tangan kita tidak terkena dampak panas dari tabung dan selanjutnya dibakar langsung di atas api

 

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil adalah Tabung reaksi itu salah satu alat yang dibutuhkan pada setiap percobaan kimia dan fungsi utamanya adalah sebagai wadah pembakaran atau mereaksikan zat kimia dan juga tabung reaksi mampu menjadi wadah untuk tempat pengembangbiakkan bakteri.

 

Cukup mudah kan dalam menggunakan tabung reaksi dan tetap berhati – hatilah saat menggunakannya karena kecelakan bisa terjadi disetiap saat, terima kasih telah berkunjung ke web kami semoga artikel diatas bermanfaat. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda.


Kami juga menjual tabung rekasi, jika Anda berminat silahkan hubungi kami disini.

  • Office : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Telp : 021-8690-6782
  • Fax : 021-8690-6781
  • Phone : 0816-1740-8900
  • Email : sales@anm.co.id

 

Tags : Fungsi Tabung ReaksiKegunaan Tabung ReaksiCylinder PolypropileneDesikator, Dissolved Oxygen MeterGelassware LaboratoriumGelas Kimia, BurretLabu KjeldahlCara menggunakan tabung reaksiLaboratory funnelTips merawat timbangan digital5 Manfaat oksigen untuk tubuhFungsi Water Vapor TransmissionIncubator LaboratoriumIncubator Laboratorium BinderContoh IncubatorIncubator labFungsi Incubator LaboratoriumInkubator LaboratoriumDrying Oven Binder ED 23, Kegunaan Incubator, Alat – Alat BiologiGold Meter, Fungsi DesikatorFungsi Moisture MeterDesiccator Auto DryDissolved Oxygen MeterOven Binder, Fungsi DensimeterFungsi MED-01 Medical Packaging Tester labthinkLarutan BufferFungsi IncubatorGold TesterTimbangan LaboratoriumPreparat Mikroskop, Quick Digital Gauge, laquatin water quality checkerFungsi AutoclaveThermohygrometerAuto tensile testerLaboratory spatulaAmonium AsetatPH MeterWater BathWater Vapor RateThickness TesterClimatic ChamberApa itu PiknometerPengukuran Air Permeabilitas UapCara menggunakan Oven BinderSalt meterAlat ukur cuacaalat ukur curah hujanalat ukur intensitas hujanLahan Gambut