Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Pentingnya Oksigen untuk Tubuh
 

Meningkatkan_Oksigen_Terlarut_pada_Air_Kolam_Lele_inro.jpg

Pentingnya Oksigen untuk Tubuh

Selasa, 25 September 2018

 

Apa sajakah Fungsi Oksigen untuk Tubuh Manusia?


Sel tubuh manusia memerlukan oksigen untuk kelangsungan metabolisme sel. Oksigen adalah suatu komponen yang sangat penting dalam memproduksi molekul Adenosin Trifosfat (ATP) secara normal.


ATP merupakan sumber bahan bakar sel agar dapat berfungsi secara maksimal. ATP memberikan energi yang diperlukan oleh sel untuk melakukan keperluan berbagai aktivitas untuk memelihara fungsi tubuh. Bila oksigen tersedia di dalam tubuh secara optimal, maka mitokondria akan memproduksi ATP. Tanpa oksigen, mitokondria tidak dapat membuat ATP.


Walaupun dalam kondisi tertentu kekurangan oksigen akan diproduksi ATP melalui proses glikolisis di dalam sitosol, tetapi ATP yang dihasilkan tidak sebanyak di dalam mitokondria. Oleh karena tidak adekuatnya oksigen, sel akan kehilangan fungsinya dan selanjutnya akan mengakibatkan jaringan dan organ tubuh juga kehilangan fungsinya. Hal tersebut menyebabkan kehidupan seseorang berada dalam bahaya.

 

Beriku beberapa manfaat oksigen dalam air untuk kesehatan tubuh manusia


1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Oksigen yang didapatkan dalam air membantu tubuh untuk memproduksi bahan antibodi yang bisa menyerang semua sumber penyakit dalam tubuh. Bahkan konsumsi air oksigen, juga akan meningkatkan produksi bakteri baik dalam tubuh yang akan memerangi bakteri jahat.


2. Mendorong Sistem Pencernaan

Berbagai jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh memang sangat penting untuk kesehatan. Tapi jika proses pencernaan berjalan tidak baik maka tentu akan sangat merepotkan untuk organ tubuh. Air yang banyak kandungan oksigen akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan proses metabolisme dalam tubuh.


3. Membantu Konsentrasi Pikiran

Banyak orang yang tidak bisa berkonsentrasi dengan cara yang baik karena kekurangan air atau mengkonsumsi air yang sama sekali. Air tanpa oksigen hanyalah air mineral biasa, ketika air oksigen masuk ke dalam tubuh maka oksigen juga akan mengalir ke dalam darah, termasuk untuk aliran darah yang bekerja pada otak. Dengan cara ini, maka air oksigen membantu pikiran menjadi jernih dan mudah berkonsentrasi.


4. Mendorong Proses Pembentukan Energi

Tubuh kita memerlukan manfaat oksigen untuk membentuk energi yang dilepaskan dalam darah baik dari makanan maupun minuman. Proses pelepasan energi dengan bantuan oksigen inilah yang disebut dengan respirasi aerobik. Jadi mengkonsumsi air oksigen akan membantu tubuh memenuhi jumlah oksigen dalam darah sehingga bisa mendorong pembentukan energi yang lebih cepat.


5. Meningkatkan Stamina

Konsumsi air oksigen yang dilakukan secara rutin akan membantu tubuh mendapatkan stamina yang baik. Air yang sudah diperkaya dengan oksigen akan membantu meningkatkan aliran oksigen dalam darah yang akan dibawa ke semua bagian tubuh. Jadi air oksigen bisa membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan ini adalah efek yang akan langsung terasa setelah minum air oksigen.


Dari semua manfaat oksigen tersebut kita simpulkan bahwa air yang mendandung oksigen sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan tentunya tak bisa terlepas dalam kebutuhan sehari - hari tapi apakah kita sudah mampu memiliki atau mengonsumsi air yang mengandung oksigen, atau apakah kita telah mampu mengukur kadar oksigen dalam air yang kita minum, maka dari itu dibuatlah sebuah alat untuk mengukur kadar oksigen dalam air yang disebut DO Meter.


Oksigen yang terlarut dalam air(dissolved oxygen, disingkat DO) atau sering juga disebut dengan kebutuhan oksigen (Oxygen demand) adalah salah satu parameter  yang penting dalam menganalisa kualitas air. Nilai DO yang biasanya diukur dalam bentuk konsentrasi ini menunjukan jumlah oksigen (O2) yang tersedia dalam suatu badan air.


Semakin besar nilai DO pada air mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus. Sebaliknya jika nilai DO rendah, dapat diketahui bahwa air tersebut telah tercemar.Pengukuran DO juga bertujuan melihat sejauh mana badan air mampu menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme.


Sementara Dissolved Oxygen Meter adalah instrument analisis yang digunakan untuk mengukur jumlah kadar oksigen terlarut didalam suatu cairan. salah satu model DO Meter yang mudah dibawa kemana-mana dan mudah cara pemakaiannya adalah seri Portable Dissolved Oxygen Meter DO700.

DO700-500.jpg

 

Features : 

  • Measures Dissolved Oxygen concentration/saturation, pH, mV, Conductivity, TDS, Salinity, Resistivity and Temperature
  • Automatic salinity compensation and manual barometric pressure compensation for DO measurements
  • One button pH calibration (4, 7, and 10pH)
  • Choice of 3 point pH calibration for better accuracy
  • One point Conductivity calibration - automatically recognizes 8 calibration solutions from USA, Europe and China series
  • Automatic Temperature Compensation (non-linear compensation for purified water <10µS/cm to improve measuring accuracy)
  • Memory stores up to 400 readings with series number, measured value and temperature
  • Large blue backlit dual LCD display
  • Auto power off saves battery life with disable function
  • Waterproof housing
  • Complete with DO probe, pH/mV/Temp electrode, polymer Conductivity cell, pH and Conductivity calbration solutions, batteries and hard carrying case


Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang type-type lain dapat menghubungi (021) 8690 6782 / 0816 1740 8900 atau email di sales@anm.co.id