Home  |   About Us  |   Contact Us
(021) 8690 6782
Home   »   Artikel   »   Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya

Ads Banner

  • Banner_Agent
 

Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya

Mikroskop memiliki berbagai macam jenis diantaranya adalah mikroskop binokuler, mikroskop cahaya dan mikroskop digital. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan ciri-ciri dari mikroskop cahaya.

 

Mikroskop cahaya atau dikenal juga dengan nama "Compound light microscope" adalah sebuah mikroskop yang menggunakan cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari sebagaimana yang digunakan pada mikroskop konvensional untuk mengamati sel - sel atau makhluk hidup yang tidak dapat dilihat hanya dengan menggunakan mata.

 

Mikroskop cahaya memerlukan 3 lensa untuk mendukung dalam pengamatan yaitu lensa obyektif, lensa okuler, dan kondensor. setiap lensa yang mendukung mikroskop cahaya memiliki fungsi yang beragam antara lain : 


  • Lensa obyektif berfungsi dalam pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" .

 

  • Lensa okuler, adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.

 

  • Lensa kondensor, adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal. Jika daya pisah kurang maksimal maka dua benda akan terlihat menjadi satu dan pembesarannyapun akan kurang optimal.

 

 

 

 

 

sumber : http//www.alatlabor.com/