Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Desikator
 

desikator_thumb[2].jpg

Desikator

Senin, 10 Desember 2018

 

Apa itu Desikator ?

 

Desikator adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk menghilangkan kadar air dari suatu bahan atau sebutan lain dari Eksikator. Alat ini banyak digunakan dalam analisa kadar air, didalam desikator diberikan bahan yang disebut dengan silika gel.

Desikator terdiri atas 2 macam yaitu desikator biasa dan desikator vacuum. Proses pengeringan pada desikator vacuum lebih cepat dari yang model biasa karena dibantu dengan proses vacuum tersebut, sehingga dari segi harga sedikit lebih mahal karena diperlukan adanya asesoris tambahan.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan dan perawatan desikator adalah sebagai berikut :


1. Buka desikator dengan menggeser tutupnya, gunakan satu tangan untuk memegang bagian bawah desiktor(hindari mengangkat tutup untuk membuka desikator tersebut)

2. Pastikan dalam tutup desikator tersebut diberi vaselin secara merata.

3. Saat silika gel telah mengalami perubahan warna dari warna awalnya(jenuh dengan air), keringkan dengan menggunakan oven pada suhu 105 derajat selama beberapa jam, atau ganti dengan silika gel yang baru jika perlu.

 

 

Cara menggunakan Desikator/eksikator:

  • Cara membuka tutup desikator adalah dengan menggesernya ke samping.
  • Letakkan sampel yang baru keluar dari oven atau yang akan di keringkan dan didinginkan
  • Lalu tutup kembali dengan cara yang sama dengan cara membukanya tadi yaitu di geser kesamping.
  • Perhatikan Silika gel yang berfungsi sebagai penyerap uang air. Silika gel yang masih bisa menyerap uap air berwarna biru; jika silika gel sudah berubah menjadi merah muda maka perlu dipanaskan dalam oven bersuhu 105 oC sampai warnanya kembali biru.