Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Water Quality Checker
 

Water_Quality_Checker1.jpg

Water Quality Checker

Jum'at, 20 Juli 2018

 

Air merupakan senyawa kimia hasil ikatan unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dan membentuk senyawa H2O. Fungsi air untuk kehidupan tidak bisa tergantikan dengan senyawa lain. Penggunaan utama air sangat vital bagi kehidupan manuisa adalah sebagai pasokan air minum dan ini merupakan kebutuhan manusia itu sendiri karena sebagian tunuh manusai terdiri dair air, maka air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi makhluk hidup di bumi ini. 

Berdasarkan Permenkes RI No. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang syarat-syarat pengawasan kualitas air, air minum merupakan air yang berkualitas yaitu kualitasnya memenuhi syarat dan dapat diminum langsung sementara air bersih merupakan air yang dipergunakan dalam keperluan sehari-hari yang kualitsanya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum bila telah dimasak. Secara fisiologis, air berperan dalam berlangsungnya proses kimia di dalam tubuh, air juga berperan sebagai media pengangkut zat-zat metabolism dalam tubuh. Oleh karena itu kualitas air harus tetap dalam batas yang standar/normal dalam tingkat kesehatan air.

 

Apa Sih Pengertian Uji Kualitas Air ?

Pengukuran PH pada air dapat dilakukan dengan menggunakan kertas lakmus atau pH Meter, akan tetapi sekarang telah tersedia ada alat yang lebih canggih yaitu Water Quality Checker. Dengan Water Quality Checker kita dapat melakukan pengukuran kekeruhan air untuk mengetahui kandungan organisame(Plankton) dalam air.
Water Quality Checker bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam air, arus tersebut akan bekerja untuk mengikat kandungan garam dalam air sebagai tolak ukur/parameter terhadap pengujian air. Water Quality Checker sangat membantu bagi para pengamat lingkungan (K3) terutama bagi industry sebagai alat yang berperan penting dalam pengontrolan pembuangan limbah industri ke saluran air.

Horiba Water Quality Checker adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengukur kualitas air secara handal,produk ini memungkinkan mengukur dan mununjukan hasil monitoring dengan secara bersamaan hingga 11 parameter dengan satu unit.

Didesain dengan dinamis horiba water quality checker dapat digunakan untuk mengukur kualitas air dari limbah pabrik untuk drainase perkotaan,air sungai,danau dan rawa-rawa air,air budaya tank,pasokan air agricultural,dan air laut.

Selain itu horiba water quality checker dilengkapi dengan spesifikasi tehknik dan fitur-fitur yang mendukung alat ini untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

U-50 series Multi-parameter water quality checker memungkinkan untuk mengukur dan menunjukkan hasil pemantauan secara simultan hingga 11 parameter dengan satu unit. Desain yang tangguh & tangguh, dengan mempertimbangkan pemantauan lapangan yang ramah pengguna di lokasi, seperti rive, air tanah, air drainase, dan sebagainya, menyatukan fitur fungsi dan kinerja, yang mempermudah pengoperasian semua orang.


Fitur
 

  • 5 tampilan bahasa (Inggris, Jepang, Rusia, Spanyol, Portugis)
  • Beberapa sensor memungkinkan pengukuran 11 paramenter secara bersamaan. (PH, pH (mV), ORP, DO, COND, Salinity, TDS, Air Laut, Gravitasi Spesifik, Suhu, Kekeruhan, Kedalaman Air)
  • Sensor kekeruhan U-53 sesuai dengan metode EPA AS 180.1 Presisi telah diperbaiki dari instrumen konvensional. Model U-53 sensor presisi tinggi yang dapat diganti dengan wiper memiliki resolusi 0,01 NTU.
  • Peningkatan stabilitas sensor oksigen terlarut telah dicapai dengan desain elektroda 3 baru untuk respon cepat dan sensor polarografi untuk kemudahan perawatan.
  • pH dan elektroda ORP dapat diganti secara individual untuk mengurangi biaya penggantian.

 

Berikut ini produk horiba water quality checker yang tersedia di alatlabor.com, untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik produk kami atau hubungi kami di 021 8690 6782 / 0816 1740 8900.