Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara Menggunakan Pipet
 

Drpping_pipet___pipet_tetes___pendek.jpg

Cara Menggunakan Pipet

Senin, 10 Desember 2018

 

Apa itu Pipet Tetes?

Dan Bagaimana cara menggunakannya??

 

 

Pipet adalah alat berbentuk silinder kecil dan panjang mirip dengan sedotan. Terbuat pipet ukur dari bahan gelas yang dilengkapi dengan ukuran dalam mililiter (ml). Secara umum Pipet berfungsi untuk memindahkan suatu volume cairan dari satu tempat ke tempat yang lain. Pipet sangat beragam bentuk dan kegunaanya. Berikut ini jenis-jenis pipet dan fungsinya.

 

 

Pipet sendiri terbagi menjadi 3 macam:

  • Pipet tetes
  • Pipet Volum atau Pipet gondok atau Pipet seukuran
  • Pipet ukur

 

Cara Pemakaian:

 

A. Pipet tetes

Pertama bagian bola karet yang ada diatas pipet tetes dipencet dan tahan kemudian dimasukkan ke dalam cairan. Saat pipet dimasukkan bola karet dipencet lalu lepaskan dan angkat pipet dari cairan lalu pindahkan ke wadah lain. Untuk memindahkan ke dalam wadah lain kita hanya perlu memencet kembali karet dibagian atas pipet secara perlahan, pengambilan cairan ini sesuai dengan kebutuhan.

 

B. Pipet Volum

Sebelum menggunakan pipet volum kita harus pastikan bahwa kondisi pipet dalam keadaan kering dan bersih. Lalu sediakan bola hisap yang bagus dan pasangkan ke pipet bagian atas. Usahakan ujung pipet masuk kedalam bagian dalam bola hisap sehingga pipet ridak mudah lepas dari bola hisap.

Untuk menyedot cairan kita harus memencet uruf A yang terdapat pada bola hisap sedangkan untuk mengeluarkan cairan kita tinggal memencet tombol E pada bola hisap. Pastikan cairan harus pas dengan garis batas cairan.

 

C. Pipet ukur

Pipet ukur memiliki tingkat ketelitian lebih rendah dibandingkan pipet volum. Pipet ukur dapat digunakan untuk memindahkan larutan dengan volum dengan skala besar. Cara pemakaiannya pun sama dengan pipet seukuran yatiu dengan menggunakan bola hisap.