Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara menggunakan gelas ukur
 

05-gelas-ukur.jpg

Cara menggunakan gelas ukur

Jum'at, 20 Juli 2018

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat mengukur dengan alat ini, seperti:

  • Untuk mengukur volume larutan yang tidak berwarna, Anda harus memperhatikan batas meniskus cekung bagian bawah. Gelas ukur harus diletakan pada daerah yang datar dan meniskus dibaca sejajar dengan mata.
  • Untuk mengukur volume raksa, Anda harus memperhatikan batas meniskus cembung yang dilihat sejajar dengan mata dan meletakan gelas ukur pada bidang yang rata.

Perbedaan antara gelas ukur dan gelas kimia adalah, Gelas ukur sebagai alat ukur sedangkan gelas kimia adalah alat tampung. Penggunaan secara benar kedua gelas kimia ini akan sangat membantu Anda saat melakukan aktivitas di laboratorium.

 

Cara membaca skala pada gelas ukur

Untuk membaca skala angka pada gelas ukur lebih baik di letakkan di media yang sejajar(meja yang rata) posisi mata sejajar dengan permukaan larutan yag di tuangkan dan disesuaikan dengan ukuran yang tertera, sehingga akurasi/ketelitian pada penglihatan lebih besar dan tepat.

Kesimpulan

Gelas ukur adalah alat yang biasanya dipakai untuk mengukur takaran benda cair, bisa jaga untuk mengukur benda padat seperti tepung terigu, gula pasir, dan lain sebagainya. Gelas ukur berupa gelas tinggi dengan skala di sepanjang dindingnya.

Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan panas. Mempunyai fungsi untuk mengukur volume larutan tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi dalam jumlah tertentu.