Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi Buret
 

nc9825n.gif

Fungsi Buret

Jum'at, 16 November 2018

 

 

Fungsi buret adalah untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi. Pengukuran buret sangatlah akurat, buret kelas A memiliki akurasi sampai dengan? 0,05 cm3 lebih akurat dibandingkan Gelas ukur maupun pipet tetes. Oleh karena ketelitian buret yang tinggi, kehati-hatian pengukuran volume dengan buret sangatlah penting untuk menghindari kesalahan sistematik.

Sebuah buret berfungsi untuk memberikan larutan tepat terukur, volume variabel. Fungsi Buret digunakan terutama untuk titrasi, untuk memberikan salah satu reaktan sampai titik akhir reaksi (titik ekivalen) tercapai.

Jenis Buret Dan Fungsinya

  • Buret asam – digunakan untuk larutan yang bersifat asam (HNO3, HCl), netral (Tiosulfat) dam larutan pengoksid (KCrO4)
  • Buret basa – digunakan untuk larutan yang bersifat basa seperti NaOH, KOH dll. Memiliki ujung cerat karet dengan bola kaca yang berfungsi mirip seperti keran.
  • Buret amberglas -terbuat dari bahan kaca yang berwarnacoklatatau gelap.Buter ini berfungsi untuk larutan yang mudah teroksidasi oleh cahaya matahari seperti larutan Kalium permanganat atau iodium.
  • Buret Universal – buret yang dapat digunakan untuk semua jenis larutan baik yang bersifat basa maupun asam, ujungnya terbuat dari teflon.

Cara menggunakan buret

  1. Ketika membaca buret, mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan untuk menghindari galat paralaks. Bahkan ketebalan garis ukur juga mempengaruhi pembacaan.
  2. Untuk mengisi buret, menutup stopcock (keran) di bagian bawah dan menggunakan corong untuk menghindari terjadinya tumpahan.
  3. Ketika mengisi buret sebaiknya menggunakan pipet transfer sekali pakai. Pipet ini bekerja lebih baik daripada corong trutama untuk buret berkapasitas kecil.
  4. Sebelum titrasi, Perlu diperhatikan kondisi buret dengan larutan titran dan memeriksa bahwa buret mengalir bebas.
  5. Periksa ujung buret dari adanya gelembung udara. Untuk menghilangkan sebuah gelembung udara,dengan cara memukul sisi ujung buret sementara larutan mengalir.
  6. Pembacaan buret kartu dengan persegi panjang hitam dapat membantu Anda untuk mengambil membaca lebih akurat.