Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Kelebihan Desikator Vacum
 

DEssicator-Vaccum-Duran.jpg

Kelebihan Desikator Vacum

Senin, 10 Desember 2018

 

Desikator vacum adalah sebuah panci/wadah bersusun dua dan digunakan sebagai  tempat menyimpan bahan yang sudah dikeringkan. Desikator disebut juga Eksikator. Mengapa bahan yang sudah dikeringkan harus di simpan di Desikator? Menyimpan bahan yang sudah dikeringkan di desikator adalah untuk mempertahankan kelembaban bahan yang peka terhadap pengaruh udara lembab. Jika benda yang dikeringkan terkena lembab maka otomatis kadar air bahan meningkat lagi. Sehingga untuk mengukur kadar air nya harus dikeringkan sekali lagi.

 

Pengertian Eksikator

Mangkuk desikator biasanya terdiri dari dua tingkat. Tingkat paling bawah biasanya diisi dengan bahan  yang bisa menyerap uap air seperti silika gel. Tingkat atas biasanya di gunakan untuk menyimpan bahan yang sudah dikeringkan. Penutup desikator juga terbuat dari bahan kaca yang berat dan tebal dan biasanya susah di lepas dalam keadaan dingin, karena dilapisi oleh vaselin untuk mencegah masuknya uap air kedalam eksikator.

 

Secara umum, Desikator terdiri dari 2 tipe, yaitu: Desikator biasa dan Desikator Vakum. Desikator vakum adalah desikator yang dapat mempertahankan kelembapan rendah pada tekanan tidak lebih dari 20 mmHg atau pada tekanan lain yang ditetapkan dalam monografi. Desikator Vacum pada bagian tutupnya ada katup yang bisa dibuka tutup, yang dihubungkan dengan selang ke pompa.

 

Cara Menggunakan Desikator Eksikator :

  1. Membuka tutup tutup desikator / eksikator dengan cara menggesernya,
  2. Letakkan alat / bahan dari oven yang hendak didingikan atau dikeringkan kedalam desikator / eksikator.
  3. Setelah alat/ bahan masuk kedala eksikator / desikator, tutup kembali penutup dengan cara menggesernya kembali.
  4. Tunggu beberapa saat sampai alat/ bahan sudah dingin dan bebas air,buka kembali seperti langkah nomor 1
  5. Jika dilakukan penimbangan akan diperoleh bobot yang stabil ( tidak terpengaruh air)

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan dan perawatan desikator adalah sebagai berikut :

1. Buka tutup desikator dengan cara menggesernya, gunakan satu tangan untuk memegang bagian bawah desiktor tersebut (hindari mengangkat tutup untuk membuka desikator tersebut)

2. Pastikan dalam tutup desikator tersebut diberi vaselin secara merata.

3. Jika silika gel sudah mengalami perubahan warna dari aslinya (jenuh dengan air), keringkan dengan menggunakan oven pada suhu 105 derajat selama beberapa jam, atau ganti dengan silika gel yang baru jika perlu.