Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Mengukur Kadar Air Dengan Refraktometer
 

Refraktometer-3-p3.jpg

Mengukur Kadar Air Dengan Refraktometer

Senin, 10 Desember 2018

Madu bukanlah hal asing bagi kita,madu memiliki berbagai macam manfaat yang dapat kita ambil dan tidak dapat kita temukan pada makanan lain.Madu banyak mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia,diantaranya : Fruktosa,Glukosa,Maltosa,Sukrosa,Air,Gula dan lain-lain.

 

Tapi tahukah anda cara menilai madu yang bagus (asli) dengan madu yang buruk (palsu).Kali ini saya akan memeberikan tips untuk memilih madu yang berkualitas dengan menggunakan refraktometer.Refraktometer adalah alat yang dapat kita gunakan unutk mengukur akadar air dalam suatu zat atau cairan.

 

Untuk mengukur kadar air dalam madu kita dapat menggunakan Refraktometer digital.Madu yang berkualitas bagus akan menghasilkan angka kadar air maksimal pada 21% dengan rasa dan bau yang normal.Semakin kecil angka kadar air dalam madu,maka madu tersebut memiliki kualitas keaslian yang lebih baik.

 

Dalam dunia laboratorium,pengujian madu yang berkualitas dilakukan dengan pengujian sakarin.dikarenakan pemalsuan madu biasnya dilakukan dengan tanpa menggunakan sakarin,tetapi memakai fruktosa sintetis dan glukosa sintetis.