Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Kalibrasi pH Meter
 

200_200_511.jpg

Kalibrasi pH Meter

Senin, 10 Desember 2018

Ketika kita ingin menggunakan pH Meter dengan hasil yang tepat dan akurat,maka kita harus melakukan kalibrasi terhadap pH Meter tersebut.Kalibrasi dilakukan dengan alasan,bahwa electroda kaca tidak memberikan reproduksi e.m.f lebih dari waktu yang lama.

 

Kalibrasi dilakukan paling sedikit dengan dua larutan buffer standar yang mencakup rentang nilai ph yang akan diukur.Proses kalibrasi berkorelasi tegangan yang dihasilkan oleh probe (sekitar 0.06 volt per unit PH) dengan skala PH.Setelah selesai pengukuran,probe harus dibilas dengan air suling atau air deionisasi untuk menghilangkan jejak solusi yang telah diukur sebelumnya.

 

Cara Melakukan Kalibrasi pH Meter :

1.Pilih Mode pH dan mengatur kontrol suhu tombol untuk 25 ° C. 

2.Bilas elektroda dengan air deionisasi dan bila ada noda kering bersihkan menggunakan sepotong tissue (Shurwipes atau Kimwipes tersedia di laboratorium).

3.Tempatkan elektroda dalam larutan pH 7 dengan penyangga, memungkinkan layar untuk menstabilkan dan, kemudian, mengatur tampilan untuk membaca 7 dengan menyesuaikan kal 

4.Bilas elektroda dengan air deionisasi dan bila ada noda kering bersihkan menggunakan tissue (Shurwipes atau Kimwipes tersedia di laboratorium).

5.Tempatkan elektroda dalam larutan pH 2 penyangga, memungkinkan layar untuk menstabilkan dan, kemudian, mengatur tampilan untuk membaca dan menyesuaikan kal. 

6.Bilas elektroda dengan air deionisasi dan bila noda kering besihkan menggunakan tissue (Shurwipes atau Kimwipes, seperti sebelumnya).