Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Data Logger / Data acquisition
 

Light_(12m_Range)1.jpg

Data Logger / Data acquisition

Selasa, 25 September 2018

Data logger (perekam data) adalah sebuah alat elektronik yang mencatat data dari waktu ke waktu baik yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen didalamnya maupun ekternal sensor dan instrumen. Atau secara singkat data logger adalah alat untuk melakukan data logging.

 

Biasanya ukuran fisiknya kecil, bertenaga baterai, portabel, dan dilengkapi dengan mikroprosesor, memori internal untuk menyimpan data dan sensor. Beberapa data logger diantarmukakan dengan komputer dan menggunakan software untuk mengaktifkan data logger dan melihat dan menganalisa data yang terkumpul, sementara yang lain memiliki peralatan antarmuka sendiri (keypad dan LCD) dan dapat digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri (Stand-alone device).

 

Salah satu keuntungan menggunakan data logger adalah kemampuannya secara otomatis mengumpulkan data setiap 24 jam.tinggalkan untuk mengukur dan merekam informasi selama periode pemantauan, Data Logger mungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kondisi lingkungan yang dipantau, contohnya seperti suhu udara dan kelembaban relatif.

 

Fungsi & Kegunaan

 

Apakah suatu sistem aplikasi (baca: turn-key solution) biasanya tidak dapat menangani berbagai aplikasi yang berbeda? Apalagi untuk menggabungkan beberapa ragam aplikasi tersebut - dengan analisis yang berbeda pula - kedalam satu analisis yang saling terintegrasi? Sementara sistem yang dapat melakukan itu biasanya berupa perangkat instrument yang harus dibangun terlebih dahulu melalui langkah-langkah instrumentasi yang kompleks dan tahapan-tahapan development software yang menyita banyak waktu.

 

Hingga saat ini Data Akuisisi Multi-fungsi telah berhasil menggabungkan banyak kegunaan dan kemampuan tanpa mengesampingkan kemudahan bagi penggunanya. Dalam beberapa menit, pengguna dapat membangun sendiri bentuk tampilan, memperoleh data dari berbagai input, menganalisis dan mengekspor data, serta mencetak dalam full-colour print-out.

 

Pengukuran

 

Pengukuran dapat dilakukan dari berbagai sumber signal input. Tidak hanya signal analog atau digital dari berbagai sensor, counter input, dan frequency, tetapi juga video input, thermo camera, GPS, CAN Bus serta data input dari berbagai sumber dengan berbagai jenis data interface-nya.

 

Monitoring & Visualisasi

 

Bentuk tampilan dapat dibuat dengan sangat menarik, full-informatif dan dapat di - edit dengan mudah sesuai kebutuhan monitoring. Berbagai ragam tampilan instrumentasi classic, seperti: oscilloscope, continous recorder, FFT analyzer, harmonics, digital meter, dan lain-lain telah tersedia berupa template.

 

Pengolahan Data

 

Berbagai macam alat bantu yang biasanya digunakan dalam dunia pengolahan data, seluruhnya dapat dieksplorasi dan dikombinasikan sesuai kebutuhan setiap aplikasi. Mulai dari berbagai bentuk perhitungan matematis, aritmatika, logic, Integral – differensial, statistic, hingga formulasi filter, FFT, spectrum dan formulasi untuk aplikasi-aplikasi khusus seperti structure analysis, power electronic, sound (suara), vibration, combustion engine (mesin bakar), dan lainnya.

 

Recording & Penyimpanan Data

 

Tersedia berbagai fitur recording seperti streaming, file partition storing, triggered storing, dan data base store.Seluruh data yang diperoleh, baik dari input sensor, nilai pengukuran, video, maupun dari seluruh hasil pengolahan dapat tersimpan secara cepat, bersamaan dan yang terpenting adalah tersingkronisasi meskipun masing-masing memiliki sampling rate yang berbeda.Analisis DataModel analisis sangatlah membantu para praktisi di berbagai aplikasi. Pemutaran ulang data pengukuran/monitoring, print out data dan report generator, mengeluarkan signal output dari data hasil pengukuran dengan pilihan function generator serta export data untuk kebutuhan post processing (misal: Flexpro, Excel, CSV, Mathlab, text, ASCII, … dan lain-lainnya).

 

Edukasi / Pendidikan

 

Di era ini, dimana teknologi berkembang sangat pesat. Pelajar dari hampir seluruh disiplin ilmu tidak bisa lepas dari teknik pengukuran. Baik itu teknik sipil, mekanik, elektrik, elektronik, teknik industri, MIPA, penerbangan, transportasi, medis, pertanian, pertambangan dan lainnya yang seluruhnya membutuhkan pengetahuan prinsip dasar dalam teknik pengukuran.

 

Network Solution

 

Banyak aplikasi yang tidak mungkin diselesaikan dengan hanya menggunakan satu unit sistem. Dalam berbagai kasus, sistem dapat di implementasikan dalam suatu jaringan pengukuran. Dengan model 1 to 1, 1 to many, dan many to 1, berbagai aplikasi dapat dilakukan seperti monitoring jarak jauh, monitoring pengukuran di dua tempat yang berbeda lokasi dengan tetap menjaga singkronisasi data yang akurat via GPS.

 

Dua tipe memori yang digunakan pada data logger adalah:

 

a. RAM (Random Access Memory)Tidak seperti RAM pada PC yang digunakan sebagai “Workshop area”- digunakan hanya pada saat bekerja, data logger dapat menggunakan RAM untuk menyimpan data (yang dibaca dari saluran masukan). Chip RAM tidak mahal tetapi memerlukan baterai cadangan untuk menahan data agar tidak hilang.

 


b. EEPROM (Electrically Erasable & Programmable Read Only Memory)Dikembangkan untuk data logger pada akhir 1980-an EEPROM tidak memerlukan baterai cadangan. Kebanyakan data logger menggunakan EEPROM untuk baik untuk menyimpan sistem operasi mikroprosesor maupun menyimpan data. EEPROM dapat diprogram, dibaca (data yang tersimpan) dan dihapus melalui port serial PC. Data logger juga dapat menggunakan kartu data PCMCIA sebagai memori, kartu ini terdapat EEPROM.

 

Data logger dapat menggunakan memori internal maupun eksternal untuk menyimpan data. Biasanya data logger menggunakan SD Card, MMC, Compact Flash (CF) sebagai media penyimpan data eksternal.