Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Prinsip Kerja Dissolved Oxygen Meter
 

200_200_51.jpg

Prinsip Kerja Dissolved Oxygen Meter

Selasa, 25 September 2018

Dissolved oxygen meter atau yang sering disebut DO meter adalah alat untuk mengukur kadar oksigen dalam air.Nilai DO dalam air itu tergantung jumlah zat dalam air dan tergantung pada suhu air, jika suhu semakin tinggi makan semakin rendah pula nilai DO.

 

Cara penggunaan Dissolved oxygen meter cukup mudah hanya dengan mencelupkan alat Dissolved oxygen meter kedalam sampel air lalu melihat hasil skala yang sudah tertera pada layar DO Meter.

 

Prinsip kerja Dissolve oxygen meter yaitu berdasarkan fenomena palarografi, yang terjadi kepada dua elektrode katode dan anode.Penggunaan alat Dissolve oxygen meter sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan, contohnya :

 

Industri Minuman Ringan, berbagai jenis minuman ringan jenis botol membutuhkan kontrol Dissolve Oxygen yang sangat baik, hal tersebut berkaitan erat dengan kualitas serta keawetan minuman tersebut.

 

Kontrol Lingkungan, DO Meter juga dapat diaplikasikan pada lingkungan sekitar, karena jumlah oksigen yang baik mempengaruhi baik buruknya bagi ekosistem air.

 

Industri Tambak Ikan, Industri ini sangat memerlukan dua sistem DO.Sistem monitoring oksigen yang terlarut dan sistem yang menjaga agar jumlah oksigen terlarut stabil pada jumlah tertentu.

 

Pengolahan Air, Karena hasil dari pengolahan air ini disalurkan pada kebutuhan rumah tangga, maka kualitas air harus terjaga dengan baik.

 

Pengolahan Air Limbah, limbah air industri apapun harus melewati tahap pengolahan sebelum dibuang kembali kelingkuklan sekitar, yaitu dengan pengembalian kandungan oksigen.

 

Mengukur Biochemical Oxygen Demand, pengukuran BOD juga penting dilakukan pada proses pengolahan air limbah industri,karena BOD ikut merepresentasikan layak atau tidaknya air hasil pengolahan limbah.

 

Kandang Air Laut, DO Meter juga digunakan pada ekosistem-ekosistem yang cara penggunaannya menggunakan air laut, karena kandang tersebut terisolir dari air laut sehingga jumlah oksigen terlarut didalam kandang ini perlu dimonitor.

 

Air Boiler, oksigen yang terlarut dalam iar boiler sangat berpotensi menghasilkan korosi.Sehingga jumlah DO harus serendah mungkin, pengukuran harus dilakukan pada setiap interval tertentu agar hasilnya maksimal dan termonitor.