Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Apa sih Kegunaan Moisture Meter ?
 

8.png

Apa sih Kegunaan Moisture Meter ?

Jum'at, 18 Oktober 2019

 

Fungsi Manfaat dan Kegunaan Moisture Meter


Moisture meter adalah alat yang berfungsi mengukur kelembaban kadar air pada suatu zat, seperti kayu ataupun yang lainnya. Kandungan kelembaban dipengaruhi oleh zat yang mempunyai sifat fisik seperti berat, densitas, indeks bias, kekentalan, konduktivitas, dan lain-lain. Metode pengukuran dapat dibagi dalam beberapa metode, yaitu metode termogravimetri, metode kimia, metode spektroskopi, dan lain-lain.

 

Moisture Meter adalah Alat Ukur Kadar Air ?

Alat ukur kadar air jika diartikan bukan berarti 1 fungsi saja akan tetapi mempunyai 2 makna fungsi yaitu alat yang betul betul untuk mengukur kadar air (liter, kubik, dll) atau alat ukur kadar air untuk suatu zat, yaitu moisture meter. Pada zaman dahulu tentunya tidak ada penunjang alat untuk mengetahui kelembaban kadar air pada beras, Oleh karena itu dijaman tersebut masih menggunakan cara kebiasaan yaitu diraba dan dirasakan menggunakan gigitan yang dipatahkan biji/berasnya.

 

 

Moisture meter digunakan untuk mengukur persentase air dalam suatu zat tertentu. Informasi ini dapat digunakan untuk menentukan apakah bahan siap digunakan, tiba-tiba basah atau kering, atau membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Kayu dan produk kertas sangat sensitif terhadap kadar air mereka. Sifat fisik sangat dipengaruhi oleh kadar air. Dimensioning juga berubah dengan kadar air.


Contoh Moisture Meter  :

 

Moisture Meters: Traceable® Hum./Temp./D.P. Meter -- Model 4080

 

Moisture Meters: Traceable® Hum./Temp. Meter -- Model 4187

Seiring teknologi semaki berkembang dibuatlah alat yang canggih dan serbaguna untuk mengukur dan mendiagnosis kelembaban didalam bijian-bijian. Alat ini juga dapat menghitung kelembaban dalam segala kondisi, baik terhampar, maupun dalam keadaan tersimpan disuatu tempat. Kombinasi pembacaan dalam pengukuran kelembaban kadar air yang sempurna ini membantu pengguna untuk memetakan masalah dan memonitring perubahan pada kondisi yang tepat dan handal.

 

Manfaat Penggunaan Moisture Meter ?

Kami bantu simulasikan kerugian yang terjadi apabila anda membeli bijian dengan kadar air diatas standar rata-rata. Misalkan untuk bijian beras yang dijual standard-nya adalah bijian beras dengan kadar air 16% dengan harga per-ton adalah Rp.7.500.000,-. Apa yang terjadi apabila anda membeli 100 Ton beras dengan kadar air yang diukur dengan alat pengukur kadar air memunculkan data 18% ?

 

Itu artinya anda mengalami kerugian 2% dari keseluruhan bobot yang ada pada komoditi beras 100 ton yang anda beli, itu artinya kadar air tersebut juga menyumbang bobot pada komoditas yang anda beli sebanyak selisih persentasenya, itu terhitung hanya dari satu komoditas saja yang diukur menggunakan alat ini 9contoh diatas beras), padahal berapa komoditas bisnis yang anda punyai ? Jagung, beras, kopi, kakao, gandum, dan sampai dengan 36 varietas sendiri (Komoditas bijian) yang bisa diukur menggunakan alat ini. Berapa kerugian kalau anda tidak mempunyai moisture meter ini? Sekiranya gambaran tersebut bisa anda artikan untuk manfaat dari kegunaan dan fungsi moisture meter tersebut.

 

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Moisture_meter

 

Kami menjual berbagai alat laboratorium lainnya, jika Anda membutuhkan peralatan dengan kualitas tinggi dan dengan penawaran yang bagus silahkan hubungi kami disini.
  • Telp               : 021 8690 6782
  • Fax                : 021 8690 6781
  • Whats App     : 0816 1740 8900
  • Email             : sales@anm.co.id
  • Website         :  anm.co.id / Alatlabor.com