Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara Menggunakan Refractometer
 

250_250_r1.jpg

Cara Menggunakan Refractometer

Senin, 14 Oktober 2019

Refractometer adalah alat untuk mengukur kada air yang terkandung di dalam suatu madu dan bukan untuk mengetahui kemurnian madu. menurut standar perdagangan internasional, hanya madu yang mengandung kadar air 17,4% saja yang dapat dipanen.

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu pada ujung Refractometer ditetesi sampel madu yang akan diukur kadar airnya. setelah ditetesi, langsung bisa dilihat dari indeks bias Refractometer tersebut. kadar air ditunjukkan oleh batas tertinggi warna biru muda yang terdapat di skala metrik. skala metrik tersaji secara vertikal.

angka terendah terdapat di bagian atas. semakin ke bawah semakin besar, yang menunjukkan pula semakin tingginya kadar air dalam madu. cara kerja Refractometer adalah menggunakan persamaan indeks bias antara madu dengan Refractometer. prinsip pengukurannya adalah dengan sinar yang ditransmisikan sinar kasa / sumber sinar p.risma sampel telescope. disini yang digunakan adalah hand Refractometer dan bukan Refractometer abbe.

perlu diingat disini bahwa fungsi Refractometer hanya menunjukan kadar air didalam madu dan bukan untuk mengetahui kemurnian madu. hal ini diberikan penekanan karena ada beberapa peternak lebah mengklaim bahwa madunya adalah asli dan murni dengan menunjukan Refractometer yang ia miliki.