Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Anemometer
 

anemometer2.jpg

Anemometer

Jum'at, 18 Oktober 2019

Anemometer merupakan instrumen yang mengukur kecepatan angin dan tekanan angin. Anemometers adalah alat penting bagi ahli meteorologi, yang mempelajari pola cuaca. Mereka juga penting untuk pekerjaan fisikawan, yang mempelajari gerakan udara cara.
Jenis yang paling umum dari anemometer memiliki tiga atau empat cangkir melekat pada lengan horizontal. Lengan yang melekat pada batang vertikal. Sebagai angin bertiup, cangkir memutar, membuat spin batang. Semakin kuat angin bertiup, semakin cepat batang berputar. Anemometer menghitung jumlah rotasi, atau bergantian, yang digunakan untuk menghitung kecepatan angin. Karena kecepatan angin tidak konsisten-ada hembusan dan kecepatan lulls-angin biasanya rata-rata selama periode waktu yang singkat.
Jenis serupa anemometer menghitung revolusi yang dibuat oleh kincir angin gaya pisau. Tongkat anemometers kincir angin berputar horizontal.

Anemometers lain menghitung kecepatan angin dengan cara yang berbeda. Sebuah anemometer hot-wire mengambil keuntungan dari fakta bahwa udara dingin benda dipanaskan ketika mengalir di atasnya. (Itulah sebabnya angin terasa menyegarkan di hari yang panas.) Dalam anemometer hot-kawat, yang dipanaskan dengan listrik, kawat tipis ditempatkan di angin. Jumlah daya yang dibutuhkan untuk menjaga kawat panas digunakan untuk menghitung kecepatan angin. Semakin tinggi kecepatan angin, semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk menjaga kawat pada suhu konstan.
Kecepatan angin juga dapat ditentukan dengan mengukur tekanan udara. (Tekanan udara itu sendiri diukur dengan alat yang disebut barometer.) Sebuah tabung anemometer menggunakan tekanan udara untuk menentukan tekanan angin, atau kecepatan. Sebuah tabung anemometer mengukur tekanan udara di dalam tabung kaca yang tertutup di salah satu ujung. Dengan membandingkan tekanan udara di dalam tabung dengan tekanan udara luar tabung, kecepatan angin dapat dihitung.
Anemometers lainnya bekerja dengan mengukur kecepatan gelombang suara atau dengan bersinar sinar laser pada partikel kecil di angin dan mengukur efeknya

Penggunaan Anemometer

Anemometers digunakan di hampir semua stasiun cuaca, dari dingin Arktik untuk menghangatkan daerah khatulistiwa. Kecepatan angin membantu menunjukkan perubahan dalam pola cuaca, seperti badai, yang penting bagi pilot, insinyur, dan iklim.
Insinyur kedirgantaraan dan fisikawan sering menggunakan anemometer laser. Jenis anemometer digunakan dalam percobaan kecepatan. Kecepatan adalah pengukuran tingkat dan arah perubahan posisi suatu objek. Anemometers Laser menghitung kecepatan angin di sekitar mobil, pesawat terbang, dan pesawat ruang angkasa, misalnya. Anemometers membantu insinyur membuat kendaraan ini lebih aerodinamis.