Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Water Quality Checker
 

images_Water_Quality_Checker_3.jpeg

Water Quality Checker

Jum'at, 18 Oktober 2019

“Sejumlah industri membuang langsung limbah cairnya ke sungai .Kondisi ini sangangat berpotensi terjadinya pencemaran lingkungan terhadap air .” Water Quality Checker

 

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di Bumi, tidak heran jika keberadaanya mendominasi permukaan Bumi. Dilihat dari kebutuhannya, air tidak bisa lepas dari kehidupan manusia hewan maupun tumbuhan. Air yang berkualitas mutlak dibutuhkan dalam kehidupan di Bumi, oleh karena itu tindakan kurang bertanggung jawab dari pelaku industri baik itu industri rumahan maupun industri skala besar yang tidak memperhatikan limbah hasil produksinya adalah perilaku yang membahayakan generasi berikutnya.

 

Industri yang peduli terhadap lingkungan harus memiliki pengolahan limbah produksinya yang biasa disebut Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Waste Water Treatment Plant (WWTP) agar buangan hasil produksinya tidak merusak ekosistem air sungai, air tanah dan air laut. Industri rumahan juga selayaknya memiliki pengolahan limbah secara terpadu dimana instalasi tersebut dibangun oleh pemerintah daerah setempat, sehingga limbah dari industri rumahan yang dibuang ke badan sungai tidak merusak ekosistem didalamnya.

 

Secara fisiologis, air berfungsi sebagai media berlangsungnya proses kimia didalam tubuh. Air juga berperan sebagai media pengangkut, baik mengangkut zat nutrisi maupun zat sisa metabolisme, mempermudah proses pencernaan dan penyerapan makanan, respirasi, pengaturan suhu tubuh, melindungi sistem syaraf maupun melumasi persendian. Hampir semua proses di dalam tubuh melibatkan dan memerlukan air. Air yang berkualitas sangat diperlukan oleh setiap makhluk hidup, berikut ini adalah parameter kualitas air:

 

  • Kualitas fisik

Parameter fisik yang harus diperhatikan dalam penentuan air yang berkualitas antara lain warna, rasa, bau, kekeruhan maupun suhu. Air yang berkualitas haruslah tidak berwarna, berasa dan berbau. Air harus terbebas dari partikel-partikel tersuspensi (tidak keruh, red) dari lumpur kasar, lumpur halus maupun koloid.

 

  • Kualitas kimia

Kesadahan, pH dan kandungan unsur-unsur kimia tertentu, seperti nitrat, nitrit maupun logam menjadi penentu kualitas kimia air.

 

  • Kualitas biologi

   Air tanah ini seringkali mengandung bakteri coliform yang biasanya berasal dari feses. Selain itu, biasanya air ini juga tercemar dengan mikroorganisme lainnya.