Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Pengertian Refractometer
 

index.jpeg

Pengertian Refractometer

Jum'at, 18 Oktober 2019

Apakah Anda pernah melihat sinar matahari yang lewat melalui segelas air jernih? Apa yang terlihat seperti? Apakah terlihat berbeda jika Anda mengisi gelas yang sama dengan es teh? Dengan jus jeruk? Dengan susu coklat? Seperti Anda mungkin menyadari, sinar matahari melewati solusi yang berbeda (cairan seperti air dan susu) dengan cara yang berbeda.
Sekarang bayangkan dua gelas air. Sebuah sejumput gula ditempatkan dalam satu gelas, dan sendok seluruh gula ditempatkan di lain. Kedua gelas dicampur sampai gula benar-benar larut, kemudian mereka ditempatkan di jendela cerah.
Sementara mata kita tidak menyadarinya, cahaya melewati setiap gelas dengan cara yang sedikit berbeda - seperti apa yang Anda perhatikan dengan es teh dan susu. Hal ini karena konsentrasi gula air menyebabkan cahaya untuk "membiaskan," atau menyebarkan ketika melewati larutan air. Kaca dengan lebih banyak gula akan menyebabkan sinar matahari untuk membiaskan lebih dari kaca dengan hanya sejumput gula.
Refractometers tertentu dapat menentukan konsentrasi gula dengan mengukur bagaimana cahaya dibiaskan dalam larutan gula. Maple getah dan konsentrasi gula sirup dapat diukur dengan jenis refractometers.
Menggunakan refraktometer
Karena produsen ingin mengukur kadar gula getah (1-6% gula), sirup (66-67%), dan getah terkonsentrasi (antara 6 dan 66%), refractometers tersedia dengan beberapa skala yang berbeda. Beberapa refractometers dapat mengukur konsentrasi rendah gula hadir dalam getah segar, sementara yang lain mengukur konsentrasi yang lebih tinggi ditemukan dalam sirup.
Refractometers khas timbangan 1) 0-36%, 2) 28-55%, 3) 54-70%, dan 4) 68-92%, namun timbangan dapat bervariasi. Sebuah refraktometer dengan skala rendah akan berguna untuk mengukur getah, sementara skala yang lebih