Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Fungsi Beaker
 

be.png

Fungsi Beaker

Senin, 14 Oktober 2019

Beaker adalah wadah sederhana untuk mengaduk, mencampur dan cairan pemanas yang umum digunakan di banyak laboratorium. Gelas umumnya berbentuk silinder, dengan dasar datar. Kebanyakan juga memiliki moncong kecil (atau "paruh") untuk membantu menuangkan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Beakers tersedia dalam berbagai ukuran, dari satu mililiter sampai beberapa liter.

Standard atau "low-bentuk" gelas biasanya memiliki ketinggian sekitar 1,4 kali diameter. Bentuk rendah umum dengan moncong yang dirancang oleh John Joseph Griffin dan karena itu kadang-kadang disebut gelas Griffin. Ini adalah karakter yang paling universal dan digunakan untuk berbagai tujuan - dari menyiapkan solusi dan decanting cairan supernatan untuk memegang cairan limbah sebelum dibuang ke melakukan reaksi sederhana. Singkatnya, gelas bentuk rendah kemungkinan akan digunakan dalam beberapa cara saat melakukan hampir semua percobaan kimia.

"Tinggi-bentuk" gelas memiliki ketinggian sekitar dua kali diameter. Ini kadang-kadang disebut gelas Berzelius dan sebagian besar digunakan untuk titrasi.
Gelas datar sering disebut crystallizers karena sebagian besar digunakan untuk melakukan kristalisasi, tetapi mereka juga sering digunakan sebagai wadah untuk digunakan dalam panas-mandi pemanas. Gelas ini biasanya tidak memiliki skala datar.
Sebuah gelas dibedakan dari termos dengan memiliki lurus daripada sisi miring. Pengecualian untuk definisi ini adalah gelas yang sedikit berbentuk kerucut sisi disebut gelas Philips.

 

Beaker sering lulus, yaitu, ditandai di sisi dengan garis-garis yang menunjukkan volume yang terkandung. Misalnya, 250 mL beaker mungkin ditandai dengan garis-garis untuk menunjukkan 50, 100, 150, 200, dan 250 mL volume. Tanda ini tidak dimaksudkan untuk memperoleh pengukuran yang tepat dari volume (silinder lulus atau labu ukur akan menjadi instrumen yang lebih tepat untuk tugas seperti itu), melainkan sebuah estimasi. Kebanyakan gelas yang akurat ke dalam ~ 10%.

Kehadiran moncong berarti bahwa gelas tidak dapat memiliki tutup. Namun, ketika digunakan, gelas dapat ditutupi oleh kaca arloji untuk mencegah kontaminasi atau kehilangan isi, tetapi memungkinkan ventilasi melalui cerat. Atau, gelas kimia dapat ditutupi dengan gelas besar lain yang telah terbalik, meskipun kaca arloji adalah lebih baik.