Home  |   About Us  |   Contact Us
021 8690 6782

021 8690 6781

0816 1740 8900

sales@alatlabor.com

 
Home   »   Artikel   »   Cara Melihat Bakteri Dengan Mikroskop
 

MENDETEKSI_KUMAN_DENGAN_MIKROSKOP2.jpg

Cara Melihat Bakteri Dengan Mikroskop

Rabu, 21 Oktober 2020

 

Apakah anda pernah melihat bakteri?

 

 Mungkin ada yang pernah dan tidak sedikit pula yang belum pernah melihat bakteri, dalam kehidupan sehari-hari banyak bakteri yang terdapat disekeliling kita

 

Bakteri terbagi dalam kelompok dan dapat menyebapkan penyakit dan infeksi tapi tidak sedikit pula yang bermanfaat dibidang pangan,industry dan kesehatan.Bakteri secara umum memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang kita.

 

Untuk melihat bakteri diperlukan suatu alat yang dapat memperbesar penglihatan kita, karna bentuk bakteri yang sangat kecil menyulitkan kita untuk melihat secara langsung  bakteri, dijaman yang sangat maju ini kita dapat mendeteksi bakteri dengan cara menggunakanmikroskop.

 

img_microscope_2.JPG

Mikroskop atau dalam bahasa inggris mikroskop adalah sebuah instrument yang berfungsi untuk melihat, atau mengenali benda-benda renik yang terlihat kecil menjadi lebih besar dari aslinya. Biasanya alat ini terdapat diruang laboratorium,lab kelas dan tempat-tempat untuk menganalisa benda kecil lainya.

 

cara_munggunakan_microscope.jpgimg_bacteria.jpg

 

Dengan menggunakan mikroskop kita dapat mendeteksi benda yang sangat kecil dengan menggunakan mata kita. Cara menggunakan alat ini sangat mudah dengan diawali memutar revoler putar-putarlah cermin untuk mencari sumber cahaya, sehingga cahaya dapat menerangi tempat bayangan benda yang akan tampak.

 

Setelah itu letakan kaca obyek/preparat diatas meja benda, aturlah jarak lensa benda dengan preparat serendah mungkin tetapi jangan sampai menyentuh, dengan jalan memutar sekrup pengarahan.Setelah itu kita lihat melalui lensa mata sambil menjauhkan kembali jarak antara lensa denga preparat, untuk mendapat bayangan yang jelas kita dapat memutar - mutar skrup. 

 

Banyak sekali model-model mikroskop yang dijual dipasaran, diantaranya mikroskop binocular, Mikroskop Digital, Labor & Routine Mikroskop dan masih banyak lagi, terdapat pula jenis mikroskop untuk siswa yaitu mikroskop siswa atau student mikroskop biasanya jenis ini terdapat di laboratorium sekolah atau kampus untuk kebutuhan praktek siswa. 

 

Sumber :http://sulistyaindriani.wordpress.com

 

Kami menjual berbagai alat laboratorium lainnya, jika Anda membutuhkan peralatan dengan kualitas tinggi dan dengan penawaran yang bagus silahkan hubungi kami disini.
  • Telp            : 021 8690 6782
  • Fax             : 021 8690 6781
  • Whats App  : 0816 1740 8900
  • Email          : sales@anm.co.id
  • Website       : anm.co.id / Alatlabor.com

 

 

Tags :